Politik
·
10 November 2018 19:16

Peringatan HUT ke-7, NasDem Gelar Pasar Restorasi di Karanganyar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Peringatan HUT ke-7, NasDem Gelar Pasar Restorasi di Karanganyar (293483)
Rangkaian HUT NasDem ke-7, Pasar Restorasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
Partai NasDem telah memasuki usia 7 tahun setelah didirikan pada 11 November 2011. Partai NasDem memusatkan acara HUT NasDem itu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Ketua DPW NasDem Jawa Tengah Setyo Maharso mengatakan, peringatan HUT NasDem tahun ini pertama kalinya digelar di Jawa Tengah. Setyo menjelaskan, pihaknya memilih Karanganyar sebagai pusat acara HUT NasDem karena sesuai dengan jadwal safari politik Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Jawa Tengah.
"Berkaitan dengan safari ketua umum pembekalan caleg, Jawa Tengah, kebagian tanggal 10 November. Maka sekaligus (merayakan) ulang tahun," kata Setyo di Gedung Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (10/11).
Selain itu, dipilihnya Gedung Tjolomadoe dikarenakan gedung ini baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini Soemarno dan merupakan salah satu destinasi wisata. Tjolomadoe dikenal sebagai pabrik gula yang sudah berdiri selama 90 tahun yang kemudian direnovasi oleh pemerintah.
Peringatan HUT ke-7, NasDem Gelar Pasar Restorasi di Karanganyar (293484)
Rangkaian HUT NasDem ke-7, Pasar Restorasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
"Dulu ini pabrik gula sudah berdiri 90 tahun (kemudian) direnovasi. Kita ingin mengapresiasi pemerintah yang sudah merestorasi. Dulunya pabrik ini tidak punya daya jual, sekarang masyarakat hampir tiap hari mengunjungi museum ini," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Setyo memaparkan, pasar restorasi melibatkan 155 UMKM dari Jawa Tengah mulai dari kuliner, seni kerajinan tangan, hingga fashion. Dengan adanya pasar restorasi tersebut, masyarakat bisa berkontribusi meningkatkan ekonomi kerakyatan di Jawa Tengah.
"Melibatkan UMKM, NasDem peduli dengan ekonomi rakyat, sokoguru ekonomi nasional. Jateng banyak UMKM belum tertangani, belum terdampingi," ucapnya.
Peringatan HUT ke-7, NasDem Gelar Pasar Restorasi di Karanganyar (293485)
HUT NasDem ke-7 di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (10/11) (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
Setyo mengungkapkan, harapan NasDem di usia ke-7 ini adalah memenuhi target 3 besar dalam pemilihan legislatif 2019 mendatang. "Sesuai harapan ketum (menjadi parpol) yang santun dan memenuhi target tiga besar pileg," pungkasnya.
Sebagaimana diketahui, HUT NasDem digelar selama dua hari, pada 10-11 November di Jawa Tengah. Hari pertama merupakan pagelaran pasar restorasi dan pertunjukan wayang. Sementara hari kedua merupakan malam puncak HUT NasDem dengan pembekalan caleg NasDem se-Jawa Tengah dan se-Yogyakarta.
ADVERTISEMENT