kumparan
News16 Februari 2019 10:09

Pertemuan Pangeran MbS dan Jokowi Pekan Depan Ditunda

Konten Redaksi kumparan
Mohammed bin Salman
Mohammed bin Salman, putra mahkota Kerajaan Arab Saudi. Foto: Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS
Pertemuan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Jokowi yang direncanakan pada Selasa (19/2) di Istana Bogor batal dilaksanakan. Menurut keterangan dari website resmi Kementerian Luar Negeri, rencana pertemuan tersebut ditunda pelaksanaannya hingga batas waktu yang belum ditentukan.
ADVERTISEMENT
“Rencana kunjungan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud ke kawasan Asia Tenggara (Indonesia dan Malaysia) ditunda pelaksanaannya,” tulis Kemlu dalam keterangan resminya, Sabtu (16/2).
Pihak Kemlu tidak menjelaskan lebih lanjut alasan pertemuan tersebut dibatalkan. Kemlu menyebutkan pertemuan antara MbS dan Jokowi akan segera direncanakan ulang.
“Indonesia dan Saudi Arabia akan terus berkomunikasi untuk menentukan jadwal baru, sekaligus memastikan hasil-hasil kunjungan yang lebih optimal,” tulis Kemlu.
Mohammed bin Salman
Mohammed bin Salman. Foto: Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS
Direncanakan sebelumnya, MbS beserta delegasi akan tiba pada Senin (18/2) sore hingga Selasa (19/2). Selain bertemu Jokowi, MbS juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kementerian terkait.
Dalam pertemuan dengan pemerintah Indonesia, MbS akan membicarakan dan meneken beberapa kesepakatan soal kerja sama ekonomi dan isu terkait umat Islam. Akan dibahas juga sejumlah isu-isu regional dan global.
ADVERTISEMENT
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika di Kemlu RI, Desra Percaya, mengatakan bahwa kunjungan ke Indonesia adalah bagian dari tur MbS ke beberapa negara Asia. MbS juga dilaporkan akan berkunjung ke Malaysia, India dan Pakistan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan