News
·
23 September 2020 7:18

Pidato Jokowi di Sidang Umum PBB: Indonesia Konsisten Dukung Palestina

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pidato Jokowi di Sidang Umum PBB: Indonesia Konsisten Dukung Palestina (515032)
searchPerbesar
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato yang telah direkam sebelumnya pada Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu (23/9/2020). Foto: Kemenlu/HO ANTARA FOTO
Untuk pertama kalinya, Presiden Jokowi menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB ke-75, Rabu (23/9). Dalam pidato tersebut, Jokowi menegaskan sikap Indonesia yang akan terus mendukung kemerdekaan bagi Palestina.
ADVERTISEMENT
"Indonesia terus konsisten memberikan dukungan kepada Palestina untuk mendapatkan hak-haknya," ucap Jokowi dalam pidatonya, Rabu (23/9).
Jokowi menuturkan, Palestina adalah satu-satunya negara peserta Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 yang hingga saat ini belum mendapatkan kemerdekaan. Padahal, dalam konferensi tersebut, juga dibahas masalah penyelesaian perselisihan secara damai.
"Hingga saat ini, Dasa Sila Bandung (yang dihasilkan di KAA) masih sangat relevan termasuk penyelesaian perselisihan secara damai, kemajuan kerjasama dan penghormatan terhadap hukum internasional," tuturnya.
Dalam pidatonya, Jokowi juga menegaskan, Indonesia hingga saat ini masih terus mengedepankan spirit kerjasama. Dengan semangat tersebut, tidak ada satu negara yang akan ditinggalkan.
"No one, no country, should be left behind. Persamaan derajat inilah yang ditekankan Bapak bangsa Indonesia, Soekarno, Bung Karno, saat KAA di Bandung tahun 1955 yang menghasilkan Dasa Sila Bandung," tutup Jokowi.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona