kumparan
7 November 2019 20:13

Podcast: Kartu Surga Seharga Rp 10 Ribu

Apa yang dapat Anda beli dengan uang senilai Rp 10 ribu? Bagaimana jika ada yang menawarkan kartu surga dengan jumlah uang tersebut?
ADVERTISEMENT
Tawaran itu datang dari Puang La'lang (74), pemimpin aliran sesat Thariqat Tajul Khalwatiayah Syekh Yusuf Gowa. Dengan uang Rp 10 ribu, dia menjanjikan kartu surga penjamin sesorang untuk masuk surga.
Bagi para pengikutnya, Puang La'lang dianggap sebagai mahaguru. Bahkan, dia pun mengaku rasul dan menarik uang zakat sesuai dengan berat badan. Jika tiap pengikutnya memiliki berat badan 50 kilogram, maka wajib berzakat senilai Rp 250 ribu atau lima kali berat badannya.
Namun, bukannya ke surga, La'lang justru masuk penjara. Dia ditangkap jajaran Polres Gowa karena diduga melakukan tindak pidana penipuan, penggelapan, dan pencucian uang.
Ingin tahu cerita selengkapnya tentang kasus kartu surga senilai Rp 10 Ribu? Dengarkan kesaksian Fritz, jurnalis Makassar Indeks yang merupakan partner kumparan di Makassar, dalam podcast berikut.
Cover Podcast News Flash: Jual Kartu Surga
Cover Podcast News Flash: Jual Kartu Surga Rp 10 Ribu, Pemimpin Aliran Sesat di Gowa Ditangkap. Foto: Maulana Saputra/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan