News27 Juli 2020 15:29

Polisi Buru Perekam Video Hoaks Seragam Tentara China di Laundry Kelapa Gading

Konten Redaksi kumparan
Polisi Buru Perekam Video Hoaks Seragam Tentara China di Laundry Kelapa Gading (47049)
Ilustrasi tentara China. Foto: Reuters/Rolex Dela Pena
Polisi tengah memburu pihak yang merekam dan menyebarkan video yang memperlihatkan banyaknya baju seragam tentara China yang disebut-sebut ada di sebuah laundry di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pasalnya, polisi sejauh ini tak menemukan laundry yang mencuci seragam tentara China itu.
ADVERTISEMENT
Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Kompol Wirdhanto Hadicaksono, mengatakan, pihak yang merekam dan menyebarkan video hoaks itu bisa dijerat pidana.
“Betul (sedang dicari), masih dalam penyelidikan. Betul bisa dijerat dengan UU ITE,” kata Wirdhanto saat dihubungi, Senin (27/7).

Viral Video Seragam Tentara China di Laundry Kelapa Gading

Video seragam tentara China dicuci di sebuah laundry di Kelapa Gading itu viral di media sosial. Polres Jakarta Utara pun telah mengecek langsung 42 usaha laundry di Kelapa Gading.
"Dapat kami sampaikan klarifikasi bahwa kami dari kepolisian telah melakukan pengecekan terhadap 42 usaha laundry yang ada di wilayah Kelapa Gading dan tidak menemukan lokasi seperti yang ada di video tersebut," ucap Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Rango Siregar, dalam siaran persnya melalui akun Instagram Polres Metro Jakarta Utara, Sabtu (25/7).
Polisi Buru Perekam Video Hoaks Seragam Tentara China di Laundry Kelapa Gading (47050)
Ilustrasi tentara China. Foto: LIU JIN / AFP
Selain itu, pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan ahli bahasa menyelidiki tulisan yang ada di seragam loreng tersebut. Diketahui tulisan dalam seragam itu berbahasa Korea Selatan. Namun, Rango memastikan pihaknya tak menemukan laundry yang mencuci seragam beraksara Korea Selatan (hangeul) itu.
ADVERTISEMENT
"Kemudian kami juga sudah melakukan koordinasi dengan ahli bahasa terkait dengan penulisan yang ada di video tersebut adalah bukan dari negara China tapi dari Korea Selatan," jelas Rango.
Polisi Buru Perekam Video Hoaks Seragam Tentara China di Laundry Kelapa Gading (47051)
Tentara China di halaman Tiananmen Foto: Reuters/Kim Kyung-Hoon
Berikut narasi suara pria dalam video yang beredar itu:
Baju-baju komunis nih, komunis tentara China mencuci di Kelapa Gading, di laundry Kelapa Gading menerima pakaian seragam tentara China, China nih tuh tentara China ini. Enggak tahu maksudnya nyuci baju di Kelapa Gading, pasukannya sudah banyak ini. Siap perang enggak ini? Tuh tentara China nih, di laundry di Kelapa gading. Satu batalyon kayaknya nih.
————-----------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white