kumparan
16 Agustus 2019 10:03

Polisi Malaysia Akan Panggil Zakir Naik

Zakir Naik
Zakir Naik. Foto: Shutter Stock
Kepolisian Malaysia berencana memanggil penceramah, Zakir Naik. Pria asal India itu dilaporkan atas dugaan menyampaikan kalimat bernada rasial.
ADVERTISEMENT
Menteri Dalam Negeri Malaysia Muhyiddin Yassin menyebut, polisi akan memeriksa Zakir Naik bersama beberapa individu lainya. Selain ucapan rasial, Zakir diperiksa karena tuduhan menyebarkan berita palsu.
"Saya ingatkan semua pihak, termasuk yang bukan warga negara (Malaysia), penegak hukum di bawah kementerian saya tidak akan berpikir dua kali untuk mengambil langkah hukum terhadap siapapun yang mencoba mengancam ketertiban dan kedamaian publik," kata Muhyiddin, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/8).
Terkait pernyataan Muhyiddin, perwakilan Zakir menyatakan mereka akan mempelajari ucapan tersebut.
Zakir membuat pernyataan kontroversial pekan lalu. Ketika itu ia menyebut etnis Tionghoa tamu di Malaysia. Sementara, ia juga menyatakan, warga Hindu di Asia Tenggara punya hak 100 persen lebih banyak dibanding umat Muslim di India.
ADVERTISEMENT
Pernyataan itu memicu kemarahan masyarakat tiga menteri Malaysia. Mereka menggelar rapat untuk membahas cara mengusir Zakir Naik.
Ras dan agama adalah isu sensitif di Malaysia. Di Negeri Jiran 80 persen penduduknya pemeluk Muslim, sisanya adalah etnis Tionghoa dan India.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan