News
·
1 Oktober 2019 20:36

Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Chat WhatsApp Anak STM

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Chat WhatsApp Anak STM  (108363)
Kericuhan massa aksi siswa STM di sekitar Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Ditsiber Bareskrim Polri berhasil mengidentifikasi empat terduga pembuat percakapan WhatsApp group anak STM. Sebelumnya, screenshot percakapan anak-anak STM itu tersebar di media sosial dan meminta bayaran sebelum merusuh di Jakarta saat demo.
ADVERTISEMENT
“Sudah di-profilling dan identifikasi akun-akunnya oleh siber. Sudah ada empat tersangka, nanti setelah ditangkap, disampaikan,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi, Selasa (1/10).
Meski telah mengidentifikasi para pelaku, Dedi belum bersedia mengungkap siapa dan darimana empat pelaku itu. Polisi masih mengembangkan kasus tersebut.
Screenshot percakapan tersebut sebelumnya diunggah oleh sejumlah akun Twitter, di antaranya @yusuf_dumdum dan @OneMurtadha. Anak-anak STM di grup itu marah ke korlap aksi karena uang tak kunjung dibayar.
Namun, banyak netizen menganggap tudingan tersebut terkesan janggal. Mereka lalu mencoba mengecek nomor ponsel anggota di WhatsApp group itu melalui aplikasi pelacak nomor telepon Truecaller atau Get Contact.
Hasilnya, kata mereka, nomor-nomor itu rupanya milik oknum-oknum polisi. Kejanggalan lainnya adalah nomor luar negeri yang digunakan beberapa anggota.
ADVERTISEMENT
Terkait ini, Polri sudah membantahnya. “Ya, bisa propaganda di medsos,” kata Dedi.