News
·
4 Mei 2021 9:38

Polisi Tutup Jalan Bila Pasar Tanah Abang Penuh, Cek Titiknya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Polisi Tutup Jalan Bila Pasar Tanah Abang Penuh, Cek Titiknya (659584)
Warga memadati kawasan Jembatan Penyeberangan Multiguna atau Skybridge Tanah Abang di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan pengunjung.
ADVERTISEMENT
"Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di Kawasan Tanah Abang," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5).
Pengalihan dan penutupan lalu lintas ini bersifat situasional dengan melihat kondisi di lokasi. Menurut Sambodo, ada beberapa titik Jalan yang rencananya akan ditutup jika ditemukan adanya kepadatan mengarah ke Pasar Tanah Abang.
"Titik-titik yang ditutup antara lain, Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, Tanah Abang Blok G," kata dia.
"Kebijakan rekayasa lalin di Tanah Abang dilakukan sampai menjelang Lebaran. Buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas," sambungnya.
Polisi Tutup Jalan Bila Pasar Tanah Abang Penuh, Cek Titiknya (659585)
Pengawasan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/5). Foto: Dok. Wali Kota Jakarta Pusat
Kerumunan di Pasar Tanah Abang pada Sabtu dan Minggu lalu memunculkan kekhawatiran. Terlebih, pandemi corona belum berakhir dan ada bayang-bayang varian baru yang lebih cepat menyebar.
ADVERTISEMENT
Melihat hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurahman langsung turun tangan mengecek situasi terkini.
Kini, Pasar Tanah Abang mulai berubah. Satpol PP langsung menertibkan pedagang yang tumpah ruah ke jalan. Polisi juga memperketat penjagaan di luar dan di dalam pasar.
"[Blok] A, B, F, G itu lima tapi satu plotting ABFG sama Pasar Grosir di atas. Personel ada di setiap pintu masuk ada 17 pintu masuk itu akan ada pengamanan dari tiga pilar. Untuk mengecek prokes suhu dan penggunaan masker dengan benar karena kita lihat kadang dia pakai masker cuma tidak benar makainya," kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Singgih, saat dihubungi, Senin (3/5).
ADVERTISEMENT