Politikus PAN: Kami Sudah Beri Sinyal Dukung Ganjar, Sekaligus Cawapresnya Erick

11 Mei 2023 10:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
9
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Erick Thohir foto bareng Ganjar Pranowo di sela Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Foto: Twitter/@erickthohir
zoom-in-whitePerbesar
Erick Thohir foto bareng Ganjar Pranowo di sela Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Foto: Twitter/@erickthohir
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Politikus PAN yang juga anggota DPR RI Guspardi Gaus mengungkap belum ada kepastian apakah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk dengan Golkar dan PPP akan bubar atau bertahan. Namun menurutnya, PAN sudah punya sinyal akan ikut mendukung Ganjar seperti PPP.
ADVERTISEMENT
"Apalagi sebenarnya PAN sudah memberikan sinyalemen untuk mendukung Ganjar saat Rakornas PAN di Semarang, pada 26 Februari 2023. Tidak saja mendukung Ganjar, PAN juga [beri sinyal] mengusung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai wakilnya," ungkap Guspardi, dikutip Kamis (11/5).
Guspardi melanjutkan, cara paling realistis mempertahankan KIB adalah dengan mendukung salah satu pasangan calon yang sama, sesuai dengan visi yang diusung. Secara pribadi, ia memandang KIB ideal apabila bergabung dengan PDIP.
"Namun, bila mengambil jalan yang berbeda, maka KIB bisa dipastikan bubar. Sebab, tak lagi punya visi yang sama dalam memenangkan Pilpres 2024," ujar dia.
Potret Ketum PAN Zulkifli Hasan saat bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022). Foto: Dok. Istimewa
"Paling tidak hingga pendaftaran pasangan capres dan cawapres pada September 2023, sepertinya KIB masih malu-malu membubarkan diri, walau semua partai politik di dalamnya tengah berpencar mendekati poros koalisi lain yang sudah punya figur bakal capres," ujar Politisi PAN itu.
ADVERTISEMENT
Dari parpol anggota KIB, legislator asal Sumatera Barat ini mengatakan Partai Golkar masih berusaha membuka ruang terhadap koalisi Gerindra-PKB pengusung bacapres Prabowo Subianto serta Nasdem, PKS, dan Demokrat yang membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan pengusung bacapres Anies Baswedan.
Ia menyoroti pada Sabtu (29/4) malam, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambangi kediaman mantan presiden sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor. Airlangga sekaligus menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.
Lalu pada Senin (1/5) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambangi kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie di Menteng, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu, Airlangga ikut hadir.
"Golkar sedang ikhtiar dengan berusaha mencalonkan Airlangga ke koalisi lain, tapi belum final," terangnya.
ADVERTISEMENT
"Kita tunggu proses politik selanjutnya karena masih banyak waktu untuk melakukan komunikasi," tandas dia.