News
·
15 September 2020 13:42

Pomdam Siliwangi Selidiki Unsur Kelalaian di Kasus Tank TNI Tabrak Gerobak Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pomdam Siliwangi Selidiki Unsur Kelalaian di Kasus Tank TNI Tabrak Gerobak Tahu (271315)
searchPerbesar
Ilustrasi Tank Foto: Pixabay
Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto memastikan tak ada masalah dengan kendaraan tempur milik YonKav 4 yang terlibat dalam kecelakaan di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Tank TNI itu dipastikan layak digunakan.
ADVERTISEMENT
"Dari segi materiil atau tank sendiri tidak ada masalah karena sebelum pelaksanaan sudah dilaksanakan pemeriksaan materiil dan tank tersebut dinyatakan layak untuk digunakan latihan," kata dia ketika dikonfirmasi, Selasa (15/9).
Dengan begitu, Welly menambahkan, kemungkinan ada unsur kelalaian dalam peristiwa tersebut. Kemungkinan itu masih dalam tahap penyelidikan Pomdam Siliwangi. Sebagaimana diketahui, ada sejumlah kendaraan roda empat dan gerobak tahu yang terlibat dalam kecelakaan itu.
"Ini masih dalam penyelidikan berarti ada human error ya, dan ini masih dalam tahap penyelidikan pihak POM apakah itu kelalaian si pengemudi atau ada penyebab yang lain," ucap dia.
Berdasar penyelidikan sementara, kata Welly, pengemudi kendaraan tempur itu memiliki SIM B2 khusus sehingga diperkenankan untuk mengemudi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Ganti rugi kendaraan tersebut sudah ditangani langsung oleh Danyon Kavaleri 4.
ADVERTISEMENT
"Ya, nanti dari pihak penyelidik yang akan menyarankan, kalau kelalaian nanti sanksinya akan disampaikan," tutur dia.
Sebelumnya diberitakan, detik-detik terjadinya peristiwa itu terekam dalam sebuah video berdurasi 19 detik dan beredar luas di media sosial. Dari rekaman itu terlihat kendaraan diduga kehilangan kendali ketika berbelok kemudian menabrak sejumlah kendaraan dan gerobak.