News
·
22 September 2020 15:14

Positif Corona, Ketua KPU Arief Budiman Kini Dirawat di RSPAD

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Positif Corona, Ketua KPU Arief Budiman Kini Dirawat di RSPAD (101950)
Ketua KPU, Arief Budiman, pada Refleksi Pemilu 2019 dan Persiapan Pemilu 2020 di Ruang Sidang KPU, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Ketua KPU RI, Arief Budiman, mengumumkan diri positif corona pada Jumat (18/9), dan langsung menjalani isolasi mandiri. Namun, kini Arief menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Komisioner KPU, Ilham Saputra, mengatakan Arief dibawa ke RSPAD untuk mempercepat pemulihan sehingga bisa aktif kembali di tengah Pilkada.
"Saudara Arief Budiman sebagai Ketua KPU definitif sejak tadi pagi memutuskan untuk melanjutkan perawatan ke RSPAD dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan," ucap Ilham dalam pesan singkat, Selasa (22/9).
Untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi KPU, Ilham kini diangkat sebagai Pelaksana Harian (Plh), menggantikan Arief.
"KPU sedang finalisasi draf Revisi PKPU tentang Penyelenggaraan Pilkada Situasi COVID-19, yang pada prinsipnya membatasi dan meniadakan kegiatan yang potensial melibatkan massa dalam jumlah banyak dan potensial penyebaran COVID-19," tuturnya.
Selain Arief, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi juga positif corona dan masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas KPU di Pejaten, Jaksel. Sementara Komisioner KPU Evi Novida Ginting sudah negatif corona.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Arief mengumumkan positif COVID-19 melalui grup WhatsApp KPU dan media. Dia menyebut hasil swab diketahui sehari sebelum rapat dengan Presiden Jokowi.
"Tanggal 17 September malam hari melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor. Tanggal 18 September (hari ini) dengan hasil positif. Kehadiran dalam rapat selanjutnya diwakili oleh anggota KPU," ucap Arief Budiman.