kumparan
3 Januari 2020 5:21

Prabowo Beri Penghargaan kepada 30 Veteran Operasi Seroja

Prabowo Subianto, Komisi I DPR RI, POTRAIT
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba saat Rapat Dengar Pendapat Kementerian Pertahanan dan Komisi I DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/11). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengundang sejumlah veteran anggota operasi Operasi Seroja di Timor Leste. Mereka diundang datang ke kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/1) sore.
ADVERTISEMENT
"Pak Prabowo mengundang para veteran operasi Seroja Timor Leste dan memberikan penghargaan kepada beliau-beliau semua sebagai ungkapan terimakasih dan penghargaan kepada para pejuang tersebut," kata juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjutak, kepada wartawan, Jumat (3/1).
"Kegiatan penghargaan terhadap para pejuang tersebut beliau gelar dalam acara upacara parade senja di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang," tambahnya.
Momen pertemuan sejumlah veteran Operasi Seroja itu kemudian diabadikan dan dibagikan Dahnil di akun instagram-nya. Nampak Letjen (Purn) Johannes Suryo (JS) Prabowo juga hadir dalam pertemuan itu.
Dahnil mengatakan total ada 30 veteran yang diundang Prabowo. Ia menambahkan Prabowo juga meminta agar masyarakat terus menghargai jasa para pejuang kemerdekaan.
"Kepada semua elemen untuk menghargai para pejuang tidak hanya pada hari pahlawan atau pada masa 17 Agustus, namun di setiap saat," tutupnya.
Veteran Operasi Seroja temui Prabowo
Veteran Operasi Seroja temui Prabowo Foto: instagram @dahnil_anzar_simanjuntak
Sebelum menggundang 30 veteran Operasi Seroja ke Hambalang, di hari yang sama Prabowo bertemu dengan Presiden Jokowi di Gedung Agung Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Dari rilis yang diterima kumparan dari Biro Pers Istana, Prabowo tiba d Gedung Agung tepat pukul 10.30 WIB. Prabowo yang didampingi putranya Didit Hediprasetyo, langsung disambut Jokowi dan putra ketiganya Kaesang Pangarep.
Operasi Seroja dilakukan 7 Desember 1975 ketika militer Indonesia masuk ke Timor Leste. Operasi Seroja adalah operasi militer terbesar yang pernah dilakukan TNI ABRI di Timor Leste yang kala itu bernama Timor Timur.
Pasukan penerjun payung dari lintas udara Kostrad dan Kopassandha turun ke Dili. Mereka terlibat pertempuran dengan kelompok bersenjata FALINTIL.
Prabowo yang saat itu masih berpangkat Kapten dilibatkan dalam operasi. Parbowo memimpin pasukan elite Nanggala-28 ABRI.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan