Prabowo Temui Raja Yordania: Bahas Bantuan Gaza hingga Beri Salam dari Jokowi

11 Juni 2024 10:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein, di Amman, Yordania, Senin (10/6).  Foto: Tim Prabowo
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein, di Amman, Yordania, Senin (10/6). Foto: Tim Prabowo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menemui Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein, di Amman, Yordania, Senin (10/6) .
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas mengenai bantuan kemanusiaan dan perlindungan untuk rakyat Gaza. Prabowo mengatakan, Yordania telah menjadi salah satu mitra paling aktif dengan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.
"Pemerintah Indonesia saat ini juga terus memantau dengan cermat perkembangan yang memburuk di Gaza," kata Prabowo dalam keterangannya.
"Jumlah korban jiwa dan luka terus meningkat. Indonesia sangat prihatin dengan kondisi masyarakat di Gaza yang sangat rentan saat ini," lanjutnya.
Prabowo mewakili Presiden Jokowi pada acara konferensi tingkat tinggi "Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza" yang diselenggarakan hari ini, 11 Juni 2024.
Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan salam hangat dari Jokowi kepada Raja Yordania.
Bangunan yang bangunan hancur usai serangan kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah, Minggu (9/6/2024). Foto: Eyad BABA / AFP
Seorang anak Palestina berjalan di antara puing-puing bangunan yang hancur usai serangan kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah, Minggu (9/6/2024). Foto: Eyad BABA / AFP
Sementara, Raja Abdullah II menyampaikan terima kasih dan rasa hormatnya atas kehadiran Prabowo di Yordania. Ia menekankan pentingnya upaya bersama internasional untuk mengoordinasikan dan meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza.
ADVERTISEMENT
Raja Abdullah II pun menggarisbawahi pentingnya konferensi tingkat tinggi tanggap darurat kemanusiaan di Gaza dalam menyatukan upaya untuk mengoordinasikan dan meningkatkan bantuan kemanusiaan.
Raja Abdullah II juga menekankan perlunya gencatan senjata segera di Gaza dan perlindungan terhadap warga sipil.
Lebih jauh, ia memuji upaya Indonesia mendorong perdamaian di kawasan dan dukungan Indonesia terhadap Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), yang membuat Indonesia berperan penting sebagaimana diamanatkan oleh PBB.