News
·
11 November 2019 8:49

Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543040)
Presiden Bolivia, Evo Morales. Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
Presiden Bolivia Evo Morales memutuskan mengundurkan diri setelah beberapa pekan terakhir aksi protes terhadap dirinya berlangsung. Keputusannya ini dilakukan sesaat setelah militer menyerukan agar Morales mundur demi keamanan negara.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, pengunduran diri Morales disampaikan pada Minggu malam waktu setempat (10/11). Morales yang telah memimpin Bolivia selama 14 tahun menyatakan mundur demi mengembalikan stabilitas keamanan.
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543041)
Presiden Bolivia, Evo Morales. Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
"Saya mundur, mengirimkan surat pengunduran diri ke Anggota Legislatif. Ini adalah kewajiban saya sebagai presiden pribumi dan presiden seluruh rakyat Bolivia untuk perdamaian," kata Morales.
"Saya ingin rakyat Bolivia tahu bahwa saya tidak punya alasan untuk kabur, mereka harus membuktikan jika saya mencuri sesuatu," lanjut Morales.
Turut mengundurkan diri bersama Morales adalah wakil presiden Alvaro Garcia Linera.
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543042)
Selebrasi warga setelah Presiden Bolivia Evo Morales mengumumkan pengunduran dirinya di La Paz, Bolivia. Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
Bolivia di bawah kepemimpinan Morales menjadi salah satu negara Amerika Latin dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Angka kemiskinan juga dipangkas hingga setengahnya. Namun pamor Morales anjlok akibat tuduhan kecurangan pemilu.
ADVERTISEMENT
Ditambah lagi dukungan dari polisi dan militer terhadap Morales merosot. Panglima militer Bolivia, Jenderal Williams Kaliman, telah meminta Morales mundur demi perdamaian dan stabilitas negara.
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543043)
Selebrasi warga setelah Presiden Bolivia Evo Morales mengumumkan pengunduruan dirinya di La Paz, Bolivia. Foto: REUTERS/Andrea Martinez
Massa pemrotes menuding Morales curang dalam pemilu yang memenangkannya 20 Oktober lalu. Morales membantahnya, namun hasil penyelidikan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) menunjukkan adanya pelanggaran serius dalam pemilu Bolivia.
Laporan OAS menyebut, hasil pemilu harus dianulir karena ditemukan manipulasi sistem penghitungan suara. Morales dalam pemilu lalu menang 10 poin dari rivalnya, Carlos Mesa.
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543044)
Selebrasi warga setelah Presiden Bolivia Evo Morales mengumumkan pengunduruan dirinya di La Paz, Bolivia. Foto: REUTERS/Marco Bello
Pengunduran diri Morales disambut gegap gempita oleh massa di jalanan. Luis Fernando Camacho, pemimpin gerakan oposisi sipil kota Santa Cruz, mengatakan laporan OAS jelas menunjukkan adanya kecurangan. "Hari ini kami memenangkan pertempuran," kata Camacho usai mendengar pengunduran diri Morales.
ADVERTISEMENT
Morales telah mengatakan akan menerima apapun hasil penyelidikan OAS dan menyerukan pemilu ulang. Namun pemimpin berusia 60 tahun ini juga menegaskan ada upaya kudeta terhadap dirinya.
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543045)
Selebrasi warga setelah Presiden Bolivia Evo Morales mengumumkan pengunduruan dirinya di La Paz, Bolivia. Foto: REUTERS/Luisa Gonzalez
Belum diketahui siapa yang akan menggantikan Morales karena wakil presiden juga ikut mundur. Seharusnya berdasarkan konstitusi Bolivia, kepimpinan negara akan diambil alih oleh ketua Senat, namun Presiden Senat Bolivia Adriana Salvatierra juga mengundurkan diri pada Minggu.
Sebelumnya para pejabat kabinet Morales juga mundur meninggalkan dirinya. Mereka mengaku mengundurkan diri demi keselamatan diri dan keluarganya.
Rencananya anggota parlemen Bolivia akan mengadakan rapat untuk menentukan pemimpin sementara. Belum diketahui kapan pemilu berikutnya akan digelar.
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri (543046)
Selebrasi warga setelah Presiden Bolivia Evo Morales mengumumkan pengunduruan dirinya di La Paz, Bolivia. Foto: REUTERS/Luisa Gonzalez