Kumplus LIPSUS- Taliban Afghanistan- Ashraf Ghani
23 Agustus 2021 9:19
·
waktu baca 10 menit

Presiden Kaya Afghanistan yang Sialan Itu (3)

Ashraf Ghani adalah salah satu orang terkutuk di dunia. (Bekas) Presiden Afghanistan itu dilaknat oleh anggota kabinet dan rakyatnya sendiri, dan dicemooh bersama oleh Amerika-Rusia. Ia disalahkan Presiden AS Joe Biden karena menolak bernegosiasi dengan Taliban; diejek “bajingan” oleh Donald Trump; dan disebut Rusia kabur dari Afghanistan dengan empat mobil penuh uang—yang tak seluruhnya bisa dipindahkan ke helikopter saking banyaknya, sehingga sebagian ditinggalkan berceceran di atas aspal.
Siapa Ashraf Ghani sebenarnya? Apakah ia memang seorang sialan, bajingan tengik, dan penguasa mata duitan? Atau adakah sisi lain dari kehidupannya yang misterius dan tak terjamah banyak orang? Mari kita mundur 60 tahun dan menyusuri jejaknya dari Kabul, ibu kota Afghanistan tempat dia tumbuh—yang ia tinggalkan lebih dari sekali.

“Mereka mengikat tangan kami di belakang punggung kami dan menjual tanah air—orang kaya sialan dan gengnya!”

- Menteri Pertahanan Afghanistan, Jenderal Bismillah Mohammadi, mencaci Ashraf Ghani

Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Taliban kembali menguasai Afghanistan setelah 20 tahun digempur Amerika. Hanya dalam hitungan pekan, mereka menaklukkan seantero negeri. Bagaimana bisa? Dan bagaimana sikap Indonesia yang selama ini menjembatani dialog Taliban-pemerintah Afghanistan?