News
·
15 Januari 2021 18:26

Profil Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Guru Habib Rizieq, yang Wafat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Guru Habib Rizieq, yang Wafat (48404)
searchPerbesar
Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf. Foto: Youtube/@ Front TV
Kabar duka datang dari tokoh ulama Tanah Air. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf meninggal dunia pada hari ini, Jumat (15/1) sore. Ia selama ini dikenal sebagai pimpinan Majelis Taklim Al-Afaf Tebet.
ADVERTISEMENT
Kabar ini disampaikan Ustaz Yusuf Mansur dalam akun Instagramnya yang mengunggah foto Habib Ali.
"Yaa Allah Yaa Rabb.. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, wafat. Innaa lillaah... Yaa Allah. Yaa Allah. Yaa Allah...," tulis Yusuf Mansur.
Habib Ali juga dikenal sebagai guru dari Habib Rizieq Syihab. Bahkan, sepulangnya Rizieq setelah tiga tahun di Arab Saudi, Habib Ali menjadi salah satu tokoh yang ditemuinya setelah tiga hari beristirahat di kediamannya di Petamburan.
Lantas, seperti apa sosok Habib Ali?
Profil Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Guru Habib Rizieq, yang Wafat (48405)
searchPerbesar
Peringatan Maulid Majelis Ta'lim Al Afaf di Tebet, Jakarta Selatan. Habib Ali duduk di kursi.Foto: Youtube/@FRONT TV
Dikutip dari berbagai sumber, Habib Ali merupakan anak kedua dari pasangan Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf dan Hj Barkah binti Ahmad Fusyani. Ia lahir pada tahun 1945 di Bukit Duri, Jakarta.
Habib Ali adalah ulama karismatik yang begitu disegani di Jakarta. Sosoknya tak hanya dihormati di Jakarta, tetapi juga di Indonesia dan memiliki ratusan ribu pengikut di berbagai wilayah.
ADVERTISEMENT
Ia juga dikenal dengan masyarakat dari berbagai latar belakang dan organisasi, termasuk juga politisi. Misalnya, pada tahun 2018, Tito Karnavian yang saat itu masih menjadi Kapolri sempat menyambangi kediaman Habib Ali setelah tahu ulama itu dalam kondisi kurang sehat.
Profil Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Guru Habib Rizieq, yang Wafat (48406)
searchPerbesar
Kapolri bersama putra Habib Ali Foto: Mirsan/kumparan
"Saya kenal beliau, saya sangat menghormati beliau sebagai ulama sepuh, juga orang tua bagi saya," ucap Tito pada Rabu (7/2/2018).
Wapres Ma'ruf Amin juga sempat mendatangi rumah Habib Ali saat maju Pilpres 2019. Dalam kesempatan itu, Ma'ruf menjenguk Habib Ali yang sudah dianggapnya sebagai sahabat lamanya. Habib Ali turut memberikan restu kepada Ma'ruf yang maju Pilpres bersama Joko Widodo.
"Insyaallah K.H. Ma'ruf akan membawa kebaikan untuk umat, untuk bangsa, untuk Indonesia," ujar Habib Ali kepada Ma'ruf, Senin (17/9/2018).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan info yang diterima, Habib Ali meninggal dunia di RS Purwakarta, Jawa Barat. Belum diketahui penyebab meninggalnya Habib Ali.
Namun, ia dikabarkan sudah tiga tahun terakhir sakit stroke dan sudah tak mampu lagi berjalan.