News
·
18 Februari 2021 18:24

Profil Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit (78837)
Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (14/11). Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Polri melakukan rotasi besar-besaran di jajaran internalnya. Salah satu jenderal yang mendapat jabatan baru yakni Komjen Pol Agus Andrianto.
ADVERTISEMENT
Kabaharkam Polri ini dipilih untuk mengisi posisi Kabareskrim yang 2 pekan lebih mengalami kekosongan usai ditinggal Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diangkat sebagai Kapolri.
Komjen Pol Agus Andrianto bukan lagi nama yang asing di telinga publik. Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967 ini merupakan lulusan Akpol tahun 1989.
Profil Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit (78838)
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto di Mapolda Jatim. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Ia memulai kariernya sebagai Kapolsek Sumbul di tahun 1992. Ia juga pernah menjabat sebagai Dirpsikotropika dan Prekursor Deputi Bidang Pemberantasan BNN tahun 2015, Dirtipidum Bareskrim Polri tahun 2016, Wakapolda Sumut tahun 2017, Kapolda Sumut tahun 2018-2019, hingga Kabaharkam Polri.
Komjen Agus pernah menjadi ketua tim penyidik kasus penistaan agama yang menyeret Basuki Tjahja Purnama (Ahok) pada 2016 lalu. Saat itu ia menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim.
ADVERTISEMENT
Saat menjadi Kapolda Sumut, Komjen Agus berhasil mengamankan situasi Pilpres 2019, di mana saat itu Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu kawasan rawan konflik.
Dalam masa darurat COVID-19, Sebagai Kabaharkam Polri, Komjen Agus juga dipercaya sebagai Kepala Operasi Terpusat Kontinjensi Aman Nusa II-Penanganan COVID-19.