Profil Ridwan Djamaluddin, Pj Gubernur Bangka Belitung

11 Mei 2022 20:16
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ridwan Djamaluddin Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ridwan Djamaluddin Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
Mendagri Tito Karnavian akan melantik lima Penjabat kepala daerah pada Kamis (12/5). Salah satu Pj yang akan dilantik adalah Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
ADVERTISEMENT
"Iya benar. Rencana besok Kamis 12 Mei Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik 5 PJ Gubernur" kata Stafsus Mendagri, Kastorius Sinaga, Senin (11/5).
Kastorius mengatakan, pelantikan dilakukan pukul 08.00 WIB di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri.
Ia menuturkan, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akan dijabat oleh Ridwan Djamaluddin. Ridwan merupakan Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM.
Lantas bagaimana sosok dari Ridwan Djamaludin?
Ridwan Djamaluddin lahir di Bangka pada 24 Maret 1963. Berdasarkan keterangan dari Kementerian ESDM, Ridwan menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara sejak 2020 hingga sekarang.
Ia bukan orang baru di kementerian. Tercatat sejak 2010, Ridwan sudah menduduki berbagai jabatan penting di berbagai kementerian.
Misalnya, pada 2010-2015, ia menjabat sebagai Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam di Badan Pengkajian Penerapan Teknologi.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, pada 2015-2020, ia pernah menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin.
 Foto: bppt.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin. Foto: bppt.go.id
Ridwan pada 2020-2020, juga sempat menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
Sedangkan terkait riwayat pendidikannya, Ridwan merupakan lulus S3 di Texas A&M University jurusan Geografi pada 1999.
Sementara S2 ia selesaikan di University of Twente jurusan ITC pada 1993 dan S1 ia selesaikan di ITB jurusan Geologi pada 1989.
Lebih lanjut, terkait penghargaan, Ridwan pernah menerima Satyalencana Pembangunan dari Presiden RI pada 2007. Kala itu, Presiden RI adalah Susilo Bambang Yudhoyono.
***
Ikuti program Master Class, 3 hari pelatihan intensif untuk para pelaku UMKM, gratis! Daftar Sekarang DI LINK INI.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·