kumparan
search-gray
News23 Juli 2019 17:13

Proses Hilangkan Gelambir di Tubuh Aria Permana Memakan Waktu 2 Tahun

Konten Redaksi kumparan
Kondisi sekarang Arya Permana
Kondisi sekarang Arya Permana Foto: Raga Imam/kumparan
Aria Permana, bocah 13 tahun yang dulu mengalami obesitas, akan menjalani operasi plastik di RSHS Bandung pada Rabu (24/7). Operasi plastik itu dilakukan untuk menghilangkan gelambir di sejumlah tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Gelambir yang ada di tubuh bocah asal Karawang itu akibat penyusutan berat badannya secara drastis. Aria sempat memiliki berat badan 192 kilogram. Setelah diet selama dua tahun, kini bobotnya 87 kilogram.
Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetik RSHS Bandung dr. Hardi Siswo mengatakan operasi hilangkan gelambir di tubuh Aria dilakukan secara bertahap. Ada empat tahapan operasi yang harus dilakukan.
Menurut Hardi, secara keseluruhan, operasi sisa kulit di tubuh Aria memakan waktu hingga 2 tahun lamanya. Sebab, proses dari tahapan pertama ke tahapan berikutnya membutuhkan jeda waktu 3 hingga 6 bulan.
Persiapan Bedah Plastik Arya Permana
Pasien eks penderita obesitas Arya Permana (kiri) didampingi Dokter Spesialis Anak dan Gizi Anak menjalani pemeriksaan awal sebelum operasi bedah plastik di RSUP Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/7). Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
"Jadi membutuhkan 3 sampai 6 bulan untuk tahapan selanjutnya. Untuk pertama saja membutuhkan 2 sampai 3 jam," kata Hadi, di RSHS Bandung, Selasa (23/7).
ADVERTISEMENT
Operasi yang dilangsungkan Rabu (24/7), baru operasi tahap pertama. Operasi tahap pertama itu adalah menghilangkan gelambir di tangan kanan dan kirinya.
Tahap kedua dan ketiga dilakukan pada bagian payudara dan perutnya. Sementara itu, keempat atau terakhir dilakukan di bagian paha serta pinggang.
"Pertama adalah gelambir atas dan bawah di lengan. Kemudian tahap kedua payudaranya karena ada payudara akibat penurunan berat badan secara drastis. Ketiga, bagian perutnya. Yang keempat kemudian pahanya dan pinggangnya," ungkap dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white