kumparan
20 April 2018 13:42

PT IMIP: Helikopter yang Jatuh Bukan Milik Kami, Tapi Sewaan

Kecelakaan heli di Sulawesi.
Kecelakaan heli di Sulawesi. (Foto: Dok. BNPB)
Sebuah helikopter jatuh di Morowali, Sulawesi Tengah. Helikopter ini membawa 6 penumpang dan dua awak.
ADVERTISEMENT
Meski bertuliskan PT IMIP, pihak perusahaan menegaskan helikopter itu bukan miliknya. Mereka menyewa helikopter itu dari sebuah perusahaan di Jakarta.
"Kami ini kebetulan pihak pen-carter. Heli itu bukan punya kami. Heli itu milik dan dioperasikan oleh Whitesky Airplan Jakarta. Jadi mengenai data data tentang pesawat itu kami tidak tahu," tegas Kepala Humas PT IMIP Dedi Kurniawan saat dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), Jumat (20/4).
Kecelakaan heli di Sulawesi.
Kecelakaan heli di Sulawesi. (Foto: DoK.BNPB)
Helikopter itu berangkat dari helipad PT IMIP menuju Bandara Haluoleo, Kendari. Tapi, di tengah perjalanan, helikopter memutuskan untuk kembali ke helipad.
Namun, pesawat jatuh sebelum sampai di helipad. Dedi saat ini sudah bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengungkap penyebab pasti jatuhnya helikopter.
"Mengenai kondisi penyebab kecelakaan, kami juga belum tahu karena masih ditangani diinvestigasi oleh safety dan tim KNKT," imbuh dia.
ADVERTISEMENT
Diduga, ada masalah pada mesin sehingga pilot memutuskan untuk kembali ke halipad. Tapi, Dedi belum bisa mengonfirmasi informasi itu. Dedi juga tidak tahu alasan pilot memutar balik padahal cuaca sedang cerah.
"Enggak tahu, Pak. Kami tidak update info itu karena masih penyidikan," ucap dia.
Sebelumnya, helikopter PK-WSX jatuh di kawasan industri PT IMIP Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4) pukul 09.15 WITA. Semua penumpang dan awak selamat, tapi ada seorang pekerja yang tewas akibat tertimpa helikopter.
PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)
PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). (Foto: Dok. imip.co.id)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan