News
·
17 Februari 2021 17:24

PTUN Jakarta Menangkan Gugatan Partai Berkarya Kubu Tommy Soeharto

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PTUN Jakarta Menangkan Gugatan Partai Berkarya Kubu Tommy Soeharto (88208)
Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra atau yang dikenal Tommy Soeharto. Foto: AFP PHOTOS / ADEK BERRY
PTUN Jakarta mengabulkan gugatan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto atas kepengurusan Partai Berkarya. Tommy Soeharto menggugat SK kepengurusan Partai Berkarya yang diakui Kemenkumham yaitu yang dipimpin oleh Muchdi PR.
ADVERTISEMENT
Diketahui dalam kongres Partai Berkarya, Muchdi PR dan sejumlah pendukungnya mengambil alih kepengurusan partai dari Tommy Soeharto. Setelah itu, Muchdi mendaftarkan kepengurusan di Kemenkumham dan akhirnya disahkan sebagai pengurus.
Setelah pengesahan itu, kubu Tommy Soeharto mengajukan protes dan menyatakan kongres yang digelar Muchdi tidak sah. Mereka berkukuh kepengurusan di bawah Tommy Soeharto sebagai ketum adalah yang sah.
PTUN Jakarta Menangkan Gugatan Partai Berkarya Kubu Tommy Soeharto (88209)
Suasana rapat pleno DPP Partai Berkarya, yang dipimpin Tommy Soeharto, di Gedung Granadi, Rabu (8/7). Foto: Youtube/Cendana Tv
Hal itu yang kemudian menjadi dasar Tommy Soeharto mengajukan gugatan yang didaftarkan pada 21 September 2020. Gugatan ini divonis pada 16 Februari 2021.
"Mengabulkan gugatan untuk seluruhnya," bunyi putusan hakim dikutip dari situs PTUN Jakarta, Rabu (17/2).
PTUN Jakarta Menangkan Gugatan Partai Berkarya Kubu Tommy Soeharto (88210)
Muchdi Purwoprandjono. Foto: AFP/ADEK BERRY
Dalam putusannya, hakim juga membatalkan serta memerintahkan Menteri Hukum dan HAM untuk mencabut dua keputusan. Yakni Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M. HH-16.AH.11.01 Tahun 2020 tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Beringin Karya (Berkarya) tanggal 30 Juli 2020 dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M. HH-17.AH.11.01 Tahun 2020 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Beringin Karya (Berkarya) Periode 2020-2025 tanggal 30 Juli 2020;
ADVERTISEMENT
"Menghukum Tergugat dan Tergugat II Intervensi untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp 384.000," bunyi putusan hakim.
Ketua majelis hakim perkara ini ialah hakim Umar Dani dengan anggota hakim Muhamad Ilham dan Akhdiat Sastrodinata.