kumparan
News11 November 2017 18:53

Puan Maharani Terpesona dengan Kreativitas Banyuwangi Ethno Carnival

Konten Redaksi kumparan
Video
Sebanyak 160 kostum yang bercorak kearifan lokal budaya Banyuwangi ditampilkan di Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2017 di Taman Blambangan, Banyuwangi. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani pun memuji kreativitas masyarakat Banyuwangi yang telah membuat kostum dengan berbagai tema tersebut.
ADVERTISEMENT
"BEC merupakan wadah untuk menumbuhkan kreativitas warga Banyuwangi sekaligus mengangkat potensi wisata Banyuwangi. Menghadirkan tema dari kultur budaya dan kearifan lokal membuktikan bahwa BEC merupakan salah satu bentuk etalase seni yang patut mendapat apresiasi," ujar Puan di Banyuwangi, Sabtu (11/11).
Banyuwangi Ethno Carnival 2017
Parade Busana 160 kostum budaya BEC 2017 (Foto: Andam Annisa/kumparan)
Putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri ini menyebutkan bahwa BEC dan berbagai event tahunan Banyuwangi dapat menyedot wisatawan mencapai 3 juta orang, dari target 2,5 juta orang pada tahun 2016. Hal itu membuktikan bahwa Kabupaten yang dijuluki The Sunrise Of Java itu patut menjadi andalan pariwisata Indonesia di masa depan.
"Apa yang ditampilkan BEC terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan membuktikan sekali lagi bahwa Banyuwangi merupakan salah satu destinasi pariwisata andalan Indonesia di masa yang akan datang," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Banyuwangi Ethno Carnival 2017
Parade Busana 160 kostum budaya BEC 2017 (Foto: Andam Annisa/kumparan)
Tak hanya itu, event-event yang diadakan rutin setiap tahun, termasuk BEC selain memperkuat kesenian dan kebudayaan, juga dapat menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat. "BEC diharapkan juga dapat memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat dan usaha kecil menengah di Banyuwangi," tuturnya.
Banyuwangi Ethno Carnival 2017
Parade Busana 160 kostum budaya BEC 2017 (Foto: Andam Annisa/kumparan)
Maka itu, Puan mengapresiasi atas perhelatan BEC yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun sejak 2011 itu.
"Saya atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat dan sukses kepada pemerintah Banyuwangi beserta seluruh masyarakat Banyuwangi atas gotong royong dan kerja kerasnya," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan