News
·
11 November 2020 13:07

Puan soal Dapat Bintang Mahaputera dari Jokowi: Amanah, Makin Teguh Pimpin DPR

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Puan soal Dapat Bintang Mahaputera dari Jokowi: Amanah, Makin Teguh Pimpin DPR (105589)
Ketua DPR Puan Maharani menjadi inspektur upacara pada acara tabur bunga di atas KRI Semarang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/11). Foto: Koarmada I
Ketua DPR Puan Maharani menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Jokowi. Tanda kehormatan itu diterima Puan atas jasanya sebagai Menko PMK pemerintahan Jokowi periode 2014-2019.
ADVERTISEMENT
Puan mengatakan anugerah tanda kehormatan itu menjadi amanah yang menambah semangat untuk semakin mengabdi kepada bangsa dan negara.
“Ini amanah yang harus saya sikapi dengan makin bersemangat mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/11).
Ketua DPP PDIP itu pun mengatakan tanda kehormatan itu juga menjadi suntikan moral bagi dirinya dalam memimpin DPR hingga 2024 mendatang. Dia mengatakan akan memimpin DPR dengan semangat gotong royong.
“Sehingga saya makin teguh memimpin DPR RI dengan semangat gotong royong dalam melaksanakan tugas-tugas konstitusionalnya," kata dia.
Saat menjadi Menko PMK, Puan dinilai berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi yang terendah sepanjang sejarah Indonesia. Selain itu, ia mampu mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018.
ADVERTISEMENT
Lalu, ia juga dinilai mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) sehingga untuk pertama kalinya IPM Indonesia masuk kategori tinggi. Puan juga mendapat rekor MURI sebagai perempuan pertama sekaligus termuda yang menjadi menteri koordinator.
"Sesuai dengan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, serta kemakmuran bangsa dan negara," demikian tertulis dalam Piagam Tanda Kehormatan dari Presiden Joko Widodo kepada Puan Maharani.
Selain Puan, tanda kehormatan juga diterima sejumlah tokoh lainnya di antaranya adalah Tjahjo Kumolo, Susi Pudjiastuti, Khofifah Indar Parawansa, Yasonna Laoly, hingga Retno L.P Marsudi.
***
Saksikan video menarik di bawah ini:
ADVERTISEMENT