kumparan
17 Apr 2019 22:27 WIB

Quick Count CSIS: Jokowi Kantongi Kemenangan di 20 Provinsi

Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan
Pemungutan suara Pemilu 2019 secara serentak telah dilakukan di seluruh provinsi Indonesia, Rabu (17/4). Masing-masing TPS mulai melakukan perhitungan suara. Termasuk untuk raihan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden.
ADVERTISEMENT
Secara resmi, penetapan hasil perhitungan suara tingkat nasional dijadwalkan pada 25 April hingga 22 Mei 2019. Meski begitu, beberapa lembaga survei telah melakukan quick count (hitung cepat) untuk memprediksi siapa yang akan menjabat presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.
"Quick count membaca C1 yang merekam hasil penghitungan suara di TPS. Sampel yang dipilih merepresentasikan populasi dengan memilih TPS-TPS secara random sehingga representatif," ucap Sekjen Persepi Yunarto Wijaya.
Hasil hitung cepat CSIS & Cyrus menunjukkan paslon 01 Joko Widodo - Ma’ruf Amin lebih unggul daripada paslon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Dari 99,99 persen suara sample yang masuk, pasangan 01 meraup suara 55,70 persen. Sementara itu, Prabowo - Sandi mengumpulkan 44,30 persen suara.
ADVERTISEMENT
Dari 34 provinsi, Jokowi - Ma'ruf mengantongi kemenangan di 20 wilayah. Sisanya, dimenangkan oleh Prabowo - Sandi. Di pulau Jawa, paslon 01 berhasil meraih kemenangan di provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Sementara itu, Provinsi Banten dan Jawa Barat dimenangkan oleh kubu Prabowo - Sandi.
Di wilayah Sumatera, paslon 02 menang di provinsi Jambi, Bengkulu, NAD, Sumatera Utara , dan Sumatera Selatan. Di lain sisi, Jokowi-Ma'ruf unggul di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Kepulauan Riau.
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers hasil hitungan riil internalnya. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Di luar Jawa dan Sumatera, Prabowo- Sandi hanya unggul di Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, NTB, Sulawesi Tenggara.
Yang menarik dari data kemenangan itu adalah, dari lima provinsi dengan DPT terbanyak, Prabowo-Sandi memang di tiga wilayah. Yakni, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Utara.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Jokowi - Ma'ruf hanya menang di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan