kumparan
19 Mei 2019 12:46

Rahayu Saraswati Gagal ke DPR: Saya Masih Telusuri Pencurian Suara

Ketua DPP Partai Gerindra Rahayu Saraswati
Ketua DPP Partai Gerindra Rahayu Saraswati. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Caleg petahana DPR dari Partai Gerindra, Rahayu Saraswati, dinyatakan tak lolos sebagai anggota DPR di Pileg 2019. Berdasarkan rekapitulasi KPU, Saras kalah oleh rekan separtainya Kamrussamad.
ADVERTISEMENT
Menanggapi kabar kegagalannya itu, Rahayu mengaku masih menelusuri sejumlah kejanggalan terkait perolehan suaranya tersebut. Dia menyebut kemungkinan sudah terjadi pencurian suara yang ada di Jakarta Utara.
"Saya belum bisa berikan keterangan karena setahu saya kami masih menelusuri adanya laporan pencurian suara. Di Jakarta Utara masih ditelusuri. Ya tentunya kita harus terus berjuang mengungkapkan kebenaran," kata Rahayu kepada kumparan, Minggu (5/19).
Pemilupedia, Politikus perwakilan Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Ketua DPP PSI Tsamara Amany
Politikus perwakilan Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (kiri) dan Ketua DPP PSI Tsamara Amany (kanan) di peluncuran Pemilupedia kumparan, Hotel The Westin, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2018). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Baginya, jika dugaan pencurian suara tersebut bisa dibuktikan maka dia menegaskan akan menindaklanjutinya. Hal ini karena dia tak ingin menyia-nyiakan para pendukungnya yang sudah memberikan suara di pileg beberapa waktu lalu.
"Kalau memang telah terjadi pencurian suara tentu harus ditindaklanjuti. Karena ini bukan hanya untuk saya tapi mereka yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya," jelas keponakan Capres Prabowo Subianto itu.
ADVERTISEMENT
Dia mengakui hasil akhir di KPU yang menyatakan dia gagal sebagai berdasarkan rekapitulasi KPU, namun masih ada upaya gugatan ke MK jika benar terjadi pencurian suara.
"Ya intinya kalau memang saya tidak berhasil lolos ke senayan dari dapil yang baru ini berdasarkan hasil suara kehendak rakyat saya terima. Tapi selama masih ada dugaan pencurian suara, lolos atau tidak, ini masih perlu ditelusuri," tandasnya.
Rahayu sebetulnya mengantongi suara cukup besar 79.801 suara dari dapilnya yakni Dapil III Jakarta (Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kep. Seribu). Namun kalah oleh rekan separtainya Kamrussamad yang mendapatkan 83.562 suara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan