kumparan
22 Oktober 2019 13:26

Raja Thailand Cabut Seluruh Gelar Selirnya karena Tidak Patuh

PTR, Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mencabut seluruh gelar dan pangkat selirnya, Sineenat Wongvajirapakdi. Alasannya, Sineenat dianggap tidak patuh terhadap peraturan kerajaan dan ingin menggeser posisi ratu.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, pencabutan gelar ini diumumkan kerajaan pada Senin malam (21/10). Gelar selir, jabatan di kerajaan, serta pangkat di kemiliteran Sineenat dicabut atas perintah raja.
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi (NOT COVER)
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (kiri) bersama Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: REUTERS
Padahal Sineenat baru saja diumumkan menjadi selir pada Juni lalu. Wanita 34 tahun ini adalah selir pertama dalam 100 tahun di kerajaan Thailand.
Menurut pernyataan kerajaan, Sineenat telah melanggar kode etik dan tidak loyal. Bahkan, dia dikatakan tidak bersyukur karena ingin menggantikan posisi ratu.
"Selir kerajaan Sineenat tidak tahu berterima kasih dan tidak bersikap sesuai dengan jabatannya. Dia juga merasa tidak puas dengan jabatannya, melakukan segala cara untuk naik ke tingkat ratu," ujar pernyataan kerajaan.
PTR, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (kiri) bersama Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Dalam pernyataan kerajaan disebutkan, Sineenat tidak suka dengan pemilihan Suthida Bajrasudhabimalalakshana sebagai ratu. Kerajaan juga menyebut Sineenat sangat berambisi merebut gelar tersebut dari Suthida.
ADVERTISEMENT
"Sikap selir kerajaan dianggap tidak sopan," ujar pernyataan kerajaan.
"Dia kurang memahami tradisi yang baik di tubuh kerajaan. Dia menunjukkan ketidakpatuhan terhadap raja dan ratu," lanjut pernyataan itu lagi.
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi (NOT COVER)
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: REUTERS
Sineenat ditunjuk selir selang dua bulan setelah Raja Vajiralongkorn menikahi Suthida, istri keempatnya. Suthida, 41, sebelumnya adalah pengawal pribadi Vajiralongkorn.
Vajiralongkorn, 64, telah menikah tiga kali sebelum diangkat raja pada 2016 dan semuanya kandas dengan perceraian.
Sebelum menjadi selir, Sineenat adalah mayor jenderal angkatan udara dan seorang pilot terlatih. Dia juga merupakan perawat dan pengawal. Foto-foto Sineenat tersebar di internet, termasuk ketika dia berada di kokpit pesawat.
Posisi selir kerajaan Thailand sebelumnya tidak pernah digunakan sejak 1932.
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: REUTERS
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan