kumparan
6 Agustus 2019 10:06

Ralat: Video Pria Cium Hajar Aswad Bukan Mbah Moen

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) menggendong Mbah Moen. Foto: Faceboook/ @DPP PPP
Catatan redaksi: Video viral yang menunjukkan seorang pria mencium hajar aswad dengan pengawalan ketat bukanlah KH Maimoen Zubair. Berdasarkan postingan @habibahmad_aliassegaf, kiai yang mendapat pengawalan adalah: Al Habib SYECH BIN ABDULLAH AL HABSYI, kiai asal Yaman. Kami meminta maaf atas kekeliruan judul dan isi berita.
ADVERTISEMENT
Sesepuh NU sekaligus Ketua Majelis Syariah PPP KH Maimoen Zubair atau yang kerap disapa Mbah Moen meninggal dunia tadi pagi, Selasa (6/8) di Makkah. Mbah Moen wafat saat sedang melaksanakan ibadah haji.
Sempat beredar informasi lewat sebuah video yang viral, Mbah Moen mencium hajar aswad dengan pengawalan ketat. Video itu dikutip berbagai media dan diidentifikasi sebagai Mbah Moen.
Namun belakangan informasi soal itu diralat. kumparan kemudian menelusuri lebih jauh video tersebut ke akun Habib Ahmad Ali Assegaf. Ternyata benar, saat diposting keterangan di caption video yang diposting pada 27 Januari tersebut bukan merujuk pada Mbah Moen.
"Masya Allah...Al Habib SYECH BIN ABDULLAH AL HABSYI...dengan mudahnya beliau mencium HAJAR ASWAD..semua Askar polisi yg bertugas mempersilahkan & mensterilkan ruang agar sang Habibul barokah ini bisa dgn leluasa menciumnya. Ini peristiwa langka,seperti juga pernah terjadi di zaman AL IMAM ALI ZAINAL ABIDIN.RA. SEMOGA KITA DAPAT MENCIUM PULA HAJAR ASWAD ..DGN BERKAR HABIB SYECH BIN ABDULLAH ALHABSY..AAMIIN."
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Mbah Moen hampir setiap tahun selalu melaksanakan ibadah haji. Di usianya yang sudah renta, semangatnya untuk beribadah masih terus menyala.
kumparan kemudian mengkonfirmasi kapan terakhir kali Mbah Moen mencium hajar aswad kepada Gus Hayat, pendamping Mbah Moen di Makkah. Dia menyatakan, Mbah Moen terakhir kali mencium hajar aswad tahun 2018 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan