News
·
1 Mei 2021 5:00

Ramai Video Adanya Penyekatan Kendaraan di Gerbang Tol Pejagan, Ini Faktanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ramai Video Adanya Penyekatan Kendaraan di Gerbang Tol Pejagan, Ini Faktanya (22503)
searchPerbesar
Petugas menutup akses jalan masuk tol Pejagan-Pemalang di pintu keluar Tegal, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (7/6). Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Beredar video di media sosial terkait adanya penutupan Gerbang Tol Pejagan, Jawa Tengah. Video tersebut memerlihatkan adanya antrean kedaraan yang tidak bisa melaju dari arah Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah, via Tol Pejagan
ADVERTISEMENT
Berikut narasi dalam video tersebut:
Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup, kita putar balik. Semua sudah tutup. Tolong diinformasikan ke kawan-kawan kita share yang ada di lapangan sana. Semua putar balik, arah Jakarta ke Jawa ditutup. Arah Jakarta ke Semarang ya pak ya? arah Jakarta ke Semarang ditutup.
Lantas apa memang benar ruas tol tersebut ditutup?
Petugas sentra komunikasi Tol Pejagan, Rafif, mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Ia menyebut, video tersebut diambil pada Tahun 2020 lalu.
"Jadi untuk informasi yang beredar itu video diambil tahun kemarin, cuma digunakan oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Rafif saat dihubungi, Sabtu (1/5).
"Untuk kebenarannya di ruas tol kami, tol Kanci-Pejagan, terutama gerbang Tol Pejagan itu tidak ada penutupan atau penyekatan," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Rafif memastikan Tol Pejagan masih beroperasi normal. Adapun penutupan baru akan dilakukan mengikuti kebijakan yang diambil pemerintah terkait larangan mudik yang ditindaklanjuti berdasarkan arahan dari Ditlantas Polda Jateng.
"Iya, sejauh ini masih normal, mungkin nanti sesuai dengan arahan Ditlantas kewilayahan Jawa Tengah itu mulai 6 Mei sampai 17 Mei (opsi penyekatan), sesuai instruksi pemerintah juga," ucapnya.
Sebelumnya, pemerintah memang menerapkan larangan mudik pada 6 sampai 17 Mei 2021 untuk mencegah penyebaran COVID-19. Presiden Jokowi membeberkan riwayat libur panjang di Indonesia berefek pada peningkatan kasus corona.
Ramai Video Adanya Penyekatan Kendaraan di Gerbang Tol Pejagan, Ini Faktanya (22504)
searchPerbesar
Infografik Larangan Mudik Lebaran 2021. Foto: kumparan