kumparan
17 Oktober 2019 12:31

Reaksi Anies soal Zhongtong Dioperasikan Lagi untuk TransJakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri peluncuran buku "Biografi Muhammad Natsir"
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
TransJakarta mulai mengoperasikan kembali bus merk Zhongtong buatan China yang sempat ditarik karena bermasalah pada 2013. Penyebabnya, bus kerap terbakar hingga jadi objek korupsi.
ADVERTISEMENT
Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan Pemprov DKI Jakarta tidak lagi membeli bus Zhongtong. Menurutnya, Pemprov DKI hanya membeli jasa dari PT TransJakarta.
"Coba kasih ke Pak Dirut (TransJakarta) ya. Karena kalau Pemprov DKI Jakarta itu sudah tidak lagi membeli bus, jadi Pemprov DKI Jakarta itu membeli jasa," kata Anies di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (17/10).
Beroperasinya kembali Zhongtong sebagai armada TransJakarta menuai kekhawatiran di masyarakat soal tingkat keamanan. Anies yakin bus yang beroperasi sudah memenuhi SPM dan berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab penuh PT TransJakarta.
"Jasanya dibayar, kemudian Pemprov DKI Jakarta menentukan SPM (Standar Pelayanan Minimal). Jadi selebihnya tanggung jawabnya dengan pengelola," papar Anies.
Bus Transjakarta Zhongtong, Depo PPD F Klender, Jakarta Timur
Petugas Transjakarta melakukan pengecekan bus Zhongtong di Depo PPD F Klender, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan