News
·
23 November 2020 14:41

Rekor Harga Ikan Cupang yang Pernah Dijual, Capai Rp 22 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rekor Harga Ikan Cupang yang Pernah Dijual, Capai Rp 22 Juta (549757)
Foto multiple eksposur seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor. Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Popularitas ikan cupang meningkat semenjak pandemi corona melanda Indonesia. Sejumlah masyarakat memilih memelihara hewan ini untuk mengisi aktivitas selama bekerja dari rumah. Meski begitu, ada juga yang mencari peluang bisnis dengan ikan warna-warni ini.
ADVERTISEMENT
Tahukah Anda harga ikan cupang paling mahal di dunia?
Dikutip dari media Turki, Anadolu, Siamese Fighting atau yang dikenal dengan splendends merupakan ikan cupang termahal yang pernah dijual, yakni mencapai Rp 22 juta. Ikan dengan motif mirip dengan bendera Thailand itu terjual pada November 2016 melalui pelelangan online di Bangkok.
Atas kepopuleran tersebut, ikan jenis ini mulai terkenal tidak hanya di Asia, tapi juga di Amerika Serikat. Bahkan ikan cupang ini merajai di antara spesies yang lain. Pada Mei 2018, ikan tersebut dipamerkan di akuarium di Chicago.
Bagi Anda yang tengah memilih hewan hias untuk dipajang di rumah, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan kepada ikan cupang. Apalagi jika ada niat untuk menambah uang di tengah pandemi.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah jenis ikan cupang yang harganya mahal di pasaran dikutip dari situs Nice Betta Thailand.

Ikan Cupang Half Moon

Ikan ini terkenal dengan keindahan ekor dan siripnya. Bentuk bagian tubuh tersebut menyerupai bentuk setengah bulan. Itulah kenapa ikan ini disebut dengan half moon.
Baik ikan jantan maupun betina, keduanya memiliki ekor yang panjang sekaligus menakjubkan ketika berenang di air. Hanya saja, motif kemerah-merahan di ikan jantan dinilai membosankan.
Harga ikan half moon dibandrol sekitar Rp 8 juta di pelelangan Thailand.

Ikan Cupang Crowntail

Ikan jenis ini disebut sangat langka. Selain itu, ikan jenis ini juga lebih sensitif dan gampang rapuh. Terlebih, ekornya yang sangat panjang membuat ikan ini membutuhkan ruang yang lebih luas.
ADVERTISEMENT
Ada tiga jenis varian dari ikan ini, yakni sinar ganda, tunggal, dan silang. Harganya berkisar antara Rp 7 juga hingga Rp juta, tergantung kondisi pasar. Hanya saja, harus berhati-hati, sebab ikan jenis ini rawan dengan penyakit.

Ikan Cupang Rose White Platinum Dragon

Warna ikan ini didominasi oleh warna putih, sekilas membuat spesies ini tampak elegan. Dalam sejumlah situs lelang ikan ini dibandrol sekitar Rp 10 juta per ekornya. Akan tetapi, untuk yang masih kecil, harga jualnya mulai Rp 50 ribu hingga jutaan.
Jadi, apakah Anda mempertimbangkan untuk menekuni hobi pelihara ikan cupang?