News
·
22 September 2020 12:15

Resmikan Universitas Siber, Ma'ruf Dorong Kampus Buka Sistem Belajar Online

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Resmikan Universitas Siber, Ma'ruf Dorong Kampus Buka Sistem Belajar Online (26719)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan di peringatan 100 tahun kedatangan warga Korea Selatan di Indonesia. Foto: KIP
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Universitas Siber Asia (UNSIA) secara virtual, Selasa (22/9). Dalam pidatonya, Ma'ruf mendorong agar seluruh universitas negeri maupun swasta di Indonesia dapat menyediakan sistem pembelajaran berbasis daring.
ADVERTISEMENT
Selain efisien, sistem tersebut, kata Ma'ruf, terbilang terjangkau bagi seluruh masyarakat sehingga makin banyak orang yang bisa masuk universitas.
"Saya berharap dengan makin banyaknya lembaga pendidikan yang membuka sistem pembelajaran daring atau e-learning, semakin banyak kesempatan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi," ujar Ma'ruf dalam sambutannya secara virtual.
Kehadiran UNSIA yang seluruh pembelajarannya digelar secara daring, menurut Ma'ruf, jelas menjadi solusi bagi dunia pendidikan terutama di masa pandemi corona. Terlebih, kata Ma'ruf, angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi RI per tahun 2019 masih sekitar 30,28%.
Kecilnya persentase masyarakat yang dapat bersekolah hingga perguruan tinggi, menurut Ma'ruf, juga nampak berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) BPS, pada Februari 2020. Dalam data tersebut, dari total angkatan kerja yang berjumlah 137,91 juta, hanya 14,2 juta yang merupakan lulusan universitas.
ADVERTISEMENT
"Dengan adanya Universitas Siber Asia ini, saya berharap angka-angka tersebut akan terus meningkat. Sehingga masyarakat yang dapat menikmati pendidikan tinggi akan terus bertambah sejalan dengan upaya pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional. SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global," ucap Ma'ruf.
Resmikan Universitas Siber, Ma'ruf Dorong Kampus Buka Sistem Belajar Online (26720)
Mendikbud Nadiem Makarim saat rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8). Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO
"Universitas Siber Asia didirikan untuk memberikan akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya dan terjangkau kepada masyarakat. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia," sambungnya.
Tidak hanya terjangkau, pembelajaran secara daring dipercaya Ma'ruf sedikit banyak akan berdampak pula pada proses pengembangan kemampuan teknologi dan informatika para mahasiswa.
"Hal ini sangat diperlukan karena penguasaan teknologi informasi menjadi syarat mutlak dalam upaya meningkatkan daya saing dan kualitas SDM," ungkap Ma'ruf.
ADVERTISEMENT
Sehingga ia berharap hadirnya UNSIA yang mengedepankan pembelajaran secara secara daring juga dapat menjadi solusi pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Tanpa mengesampingkan kualitas pendidikan itu sendiri.
Resmikan Universitas Siber, Ma'ruf Dorong Kampus Buka Sistem Belajar Online (26721)
Diskusi mahasiswa Foto: Dok. ITS
"Saya juga berharap Universitas Siber Asia, dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia, sehingga mampu meningkatkan mutu dan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia serta mendorong daya saing di tingkat internasional," kata Ma'ruf.
Hadir dalam acara peresmian itu secara daring yaitu Mendikbud Nadiem Anwar Makarim; Rektor UNSIA Jang Youn Cho; mantan Menristek Dikti l Mohamad Nasir; Sekjen Kemendikbud Prof Ainun Na'im; Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam; Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Agus Setyo Budi; Duta Besar Korea untuk ASEAN Sung Nam Lee, Menteri Kedutaan Besar Korea di Indonesia Lee Sang Ho.
ADVERTISEMENT