kumparan
27 Maret 2019 16:21

Rudal India Mampu Hancurkan Satelit di Orbit Bumi

Rudal Agni India. Foto: AFP/RAVEENDRAN
Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan kemajuan teknologi senjata mereka yang mampu mengangkasa hingga antariksa. Rudal India diklaimnya berhasil menghancurkan satelit di orbit Bumi.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, pengumuman ini disampaikan Modi di televisi pada Rabu (27/3). Dengan keberhasilan ini, maka India satu dari sedikit negara yang punya kemampuan rudal anti-satelit.
"Beberapa waktu lalu, ilmuwan kita, menembak jatuh satelit 300 km jauhnya di angkasa, di orbit rendah Bumi," kata Modi.
"India telah melakukan pencapaian yang tak terduga hari ini. India memasukkan namanya sebagai negara kekuatan antariksa," lanjut dia lagi.
Dengan India, hingga saat ini hanya ada empat negara yang punya kemampuan rudal anti-satelit yakni Rusia, Amerika Serikat, dan China. Rudal ini berguna untuk menghancurkan satelit mata-mata lawan.
Sejak lama, kemampuan ini dikhawatirkan akan digunakan negara-negara dalam peperangan antariksa dan lomba senjata.
"Antariksa diubah menjadi medan perang, membuat kemampuan kontra-antariksa sangat diperlukan. Dalam hal ini kesuksesan India membunuh dengan senjata ASAT sangat penting," kata Brahma Chellaney, ahli keamanan di lembaga think tank Centre of Policy Research di New Delhi. ASAT adalah singkatan dari anti-satelit.
ADVERTISEMENT
Namun Modi mengatakan, rudalnya tidak "beratmosfer perang", dan "tidak ditargetkan ke negara lain". Pernyataan Modi ini disampaikan selang beberapa pekan sebelum India menggelar pemilihan umum.
Dimulai pada 11 April nanti India akan melakukan pesta demokrasi terbesar di dunia. Selama enam pekan, hampir 900 juta warga India akan memilih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan