Saat Gus Yaqut Sapa Kapolri-Panglima TNI: LS Prabowo dan A Subiyanto

2 Februari 2024 8:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
Presiden Jokowi terima GP Ansor di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Foto: Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Jokowi terima GP Ansor di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Foto: Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
GP Ansor menggelar apel sekaligus pembukaan Kongres XVI Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2). Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memimpin langsung acara ini.
ADVERTISEMENT
Gus Yaqut yang memberikan sambutan menyapa para undangan yang hadir dalam acara ini. Acara juga dihadiri oleh Presiden Jokowi.
"Yang sama-sama kita muliakan, yang kita cintai, yang kita banggakan dan setiap kita semua mendampingi beliau, kapan pun kita dibutuhkan, yang mulia Presiden RI, Bapak Presiden Jokowi," kata Gus Yaqut, di lokasi.
Menteri Agama itu juga menyapa undangan lainnya yang hadir, seperti Menteri Perdagangan sekaligus Ketum PAN Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MenPAN RB Azwar Anas, juga Ketua KPU Hasyim Asy'ari.
"Sodara kita, Pak Azwar Anas, silakan berdiri. Mantan Ketum HIPMI, insyaallah akan bersama sama kita terus. Silakan dimaknai sendiri," tutur dia.
"Ada ketua KPU Hasyim Asy'ari. Bapak Presiden, Hasyim Asyari ini mantan komandan Banser Jawa Tengah. Jadi keluarga besar Ansor banser. Jadi enggak heran bapak, jadi bersama Ansor Banser tentu aman dunia dan akhirat insyaallah," tambah dia.
ADVERTISEMENT
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (tengah) hadir di Harlah ke-78 Muslimat NU di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1). Foto: Dok. NU
Ada pula Menpora Dito Ariotedjo yang mengenakan rompi hijau dan didoakan segera gabung ke GP Ansor. Juga hadir KSP Moeldoko. Dan, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
"Pj gubernur DKI, berdiri Pak, penting ini Pak, supaya sahabat-sahabat kenal semua dengan Pak Heru ini. Gubernur yang luar biasa, mudah-mudahan Pj-nya lekas tanggal Pak," kata Gus Yaqut.
Yang paling menarik, Gus Yaqut menyapa Kapolri dan Panglima TNI dengan panggilan tak biasa.
"Yang kita hormati, kita banggakan, dua garda terdepan bangsa, Pak Kapolri kemarin di acara Harlah itu disebut Pak Listyo Sigit Prabowo, izinkan saya menyebut sekarang Pak Kapolri Pak LS Prabowo," ujar Gus Yaqut disambut tepuk tangan hadirin.
"Panglima TNI yang kita muliakan, yang gagah luar biasa, Pak Agus Subiyanto. Di muktamar disebut begitu, izin Pak, kalau di sini akan kami panggil Pak A. Subiyanto," tambah dia.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo hadiri Harlah ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). Foto: Youtube/TVNU Televisi Nahdlatul Ulama
Panggilan tak biasa itu kembali disambut tepuk tangan meriah oleh anggota GP Ansor yang hadir.
ADVERTISEMENT
"Paham semua kayaknya. Serta para tamu undangan yang maaf tak bisa saya sebut Satu persatu karena maaf saya dibatasi waktu lima menit, sama protokol," ucap dia.