kumparan
22 Agustus 2018 3:07

Saat Sapi di Pakistan Diderek dari Lantai 4 karena Hidup di Atap Rumah

Warga menurunkan sapi, kurban dari atap menggunakan crane, menjelang Idul Adha di Karachi, Pakistan.
Warga menurunkan sapi untuk kurban dari atap menggunakan crane, menjelang Idul Adha di Karachi, Pakistan. (Foto: Reuters/Akhtar Soomro)
Pemandangan unik terjadi di Karachi, kota terbesar di Pakistan menjelang Idul Adha. Warga beramai-ramai menyaksikan sapi diturunkan menggunakan derek dari rumah berlantai empat.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Reuters, Rabu (22/8), insiden ini terjadi karena pemilik sapi Syed Ejaz Ahmad (55) beternak sapi di atap rumahnya sejak 15 tahun yang lalu. Namun, saat sapi tumbuh dewasa menjadi sulit mengeluarkannya dengan menuruni tangga dari lantai empat.
Ahmad menggunakan derek untuk bisa mengeluarkan sapi dari lantai tertinggi rumahnya. Ia pun menghubungi layanan derek yang berada di Kota Karachi, Pakistan. Sontak evakuasi sapi ini menjadi tontonan warga sekitar.
"Saya agak takut ketika saya melakukan ini untuk pertama kalinya," kata operator derek Mohammad Hanif saat dia mengeluarkan tujuh sapi dan lembu dari rumah Ahmad.
“Ketika kaki hewan itu bergumul, saya pikir itu bisa mematahkan tali dan jatuh ke kerumunan orang, terutama anak-anak,” sambungnya.
ADVERTISEMENT
Meski sempat khawatir, penderak telah terbiasa melakukan ritual tahunan tersebut. "Sekarang saya sudah banyak berlatih melakukannya," pungkas Hanif.
Idul Adha adalah salah satu dari dua festival paling penting dari kalender Islam dalam memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail atas perintah Allah.
Muslim menandai hari raya dengan menyembelih sapi, domba, dan kambing untuk disumbangkan kepada orang miskin. Tidak seperti Muslim lain, di Pakistan hewan kurban lebih awal disembelih beberapa hari sebelum Idul Adha.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan