kumparan
search-gray
News2 Agustus 2020 16:46

Satgas COVID-19 Ingatkan Figur Publik Hati-hati Pilih Narasumber soal Corona

Konten Redaksi kumparan
Satgas COVID-19 Ingatkan Figur Publik Hati-hati Pilih Narasumber soal Corona (375004)
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Foto: BNPB
Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji menjadi perhatian netizen setelah mengundang Hadi Pranoto, pria yang mengklaim menemukan obat herbal antibodi COVID-19. Wawancara di YouTube milik Anji itu menuai polemik karena Hadi menyebut obat itu mampu menyembuhkan pasien corona.
ADVERTISEMENT
Terkait viralnya video itu, Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengimbau masyarakat agar jangan cepat percaya pada pemberitaan yang beredar.
"Mengenai siapa Saudara Hadi Pranoto, silakan ditelusuri apakah yang bersangkutan adalah seorang profesor atau peneliti (dari institusi perguruan tinggi/riset mana) seperti yang sedang beredar saat ini," tulis Wiku kepada kumparan, Minggu (2/8).
Wiku juga meminta agar publik figur dan tokoh masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap sumber berita atau referensi sebelum menyebarkannya kepada publik.
"Untuk figur publik dan tokoh masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap sumber berita atau referensi sebelum menyebarkan pada publik. Silakan check dan recheck pada sumber yang benar dan ahlinya," tegas Wiku.
Video
Dalam wawancaranya dengan Anji, Hadi mengklaim telah menemukan obat herbal antibodi yang mampu menyembuhkan COVID-19 dalam hitungan 2-3 hari.
ADVERTISEMENT
"Orang kecil, dewasa, orang hamil dan seterusnya alhamdulillah sampai saat ini temen-temen bisa merasakan khasiat obat itu," kata Hadi kepada wartawan, Minggu (2/8).
Pria itu mengaku sudah memproduksi ribuan botol obat herbal. Meski begitu, ia mengatakan ada kendala dari segi anggaran dan biaya dalam produksi obat herbal tersebut. Untuk itu, ia meminta bantuan masyarakat yang mampu untuk membantunya.
Hadi juga menambahkan, obat antibodi temuannya tak memiliki efek samping. Sebab, obat tersebut terbuat dari bahan herbal dan dikemas seaman mungkin.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white