News
·
13 Maret 2020 9:20

Satu Lagi Penasihat Khamenei Tertular Virus Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Satu Lagi Penasihat Khamenei Tertular Virus Corona (58455)
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei. Foto: Official Khamenei website via REUTERS
Penasihat senior Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei dilaporkan terinfeksi virus corona. Dia adalah penasihat Khamenei kedua yang mengidap virus pernapasan ini.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters yang mengutip kantor berita Iran, Fars, virus corona kali ini diidap oleh Ali Akbar Velayati. Selain menjabat penasihat Khamenei, Velayati juga merupakan kepala rumah sakit Masih Daneshvari di kota Teheran.
"Dia telah melakukan kontak dengan banyak pasien virus corona dalam beberapa pekan terakhir. Dia telah terinfeksi dan sekarang dalam karantina," tulis Fars.
Satu Lagi Penasihat Khamenei Tertular Virus Corona (58456)
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Foto: REUTERS/Morteza Nikoubazl
Sebelumnya pekan lalu, seorang penasihat Khamenei lainnya meninggal dunia akibat virus corona. Dia adalah Mohammad Mirmohammadi, 71, anggota dewan penasihat Khamenei.
Mirmohammadi meninggal dunia di rumah sakit Teheran setelah dinyatakan positif virus corona. Beberapa hari sebelumnya, ibunda Mirmohammadi juga meninggal karena sebab yang sama.
Walau namanya jarang terdengar, Mirmohammadi adalah pejabat tinggi di pemerintahan mantan presiden Akbar Hashemi Rafsanjani.
Satu Lagi Penasihat Khamenei Tertular Virus Corona (58457)
Warga memakai untuk mencegah penyebaran virus corona di sebuah jalan di pusat kota Teheran, Iran. Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Saat ini Iran adalah negara dengan jumlah penderita virus corona terbanyak di Timur Tengah dan ketiga di seluruh dunia, setelah China dan Italia. Ada lebih dari 10 ribu penderita corona di Iran, angka kematian mencapai 429 orang.
ADVERTISEMENT
Virus corona juga telah menjangkiti para pejabat Iran, termasuk puluhan anggota parlemen. Setidaknya ada tujuh pejabat dan anggota dewan Iran yang meninggal karena corona.