kumplus - Tes CPNS
13 Oktober 2021 14:56
·
waktu baca 1 menit

Segala Cara demi Jadi PNS (1)

Siapa yang pernah berkali-kali ikut tes CPNS? Gagal lagi, coba lagi. gagal lagi, coba lagi. Hmm, ini tentu bukan hanya dialami Anda, keluarga Anda, atau teman Anda, karena menjadi PNS adalah keinginan banyak orang.
Alasannya macam-macam, misal: demi penghasilan tetap dan kemapanan hidup. Belum lagi tunjangan-tunjangan di luar gaji tetap dan dana pensiun yang akan didapat.
Jadi, tak heran bimbingan belajar CPNS menjamur di mana-mana—pasar mereka besar. Sebagian dari mereka lantas menawarkan iming-iming dan melontarkan klaim seperti “Les CPNS Garansi Lulus”, “Bimbel CPNS Jaminan Lolos”, dan lain-lain.
Benarkah ada les CPNS yang bisa benar-benar menjamin pesertanya bakal lulus tes? Dan berapa, sih, duit yang harus dirogoh orang-orang yang mengikuti kursus tersebut? Apa iya semakin mahal, maka jaminan lolos semakin besar?
Kenapa pula ada janji-janji lulus CPNS yang berujung kasus penipuan seperti yang menyeret Olivia Nathania, putri Nia Daniaty? Seperti apa sesungguhnya rentetan penipuan itu sehingga korbannya mencapai 225 orang?
Segala Cara demi Jadi PNS (1) (47602)
searchPerbesar
Olivia Nathania terjerat kasus dugaan CPNS fiktif. Foto: Agus Apriyanto
kumparan menelusuri dugaan penipuan tersebut, dan mewawancarai para penyelenggara jasa bimbel CPNS berserta orang-orang yang mengikuti kursus CPNS.
Simak Liputan Khusus “Les Mewah CPNS” dengan berlangganan kumparan+
Segala Cara demi Jadi PNS (1) (47603)
searchPerbesar
Tes CPNS di GOR Arcamanik, Bandung, Senin (27/9). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA
Banyak orang rela merogoh kocek untuk lolos tes CPNS dengan ikut les khusus bertarif belasan sampai puluhan juta. Tapi, apakah itu benar-benar bisa menjamin kita jadi PNS? Atau jangan-jangan sebagian tipu-tipu saja alias kursus bodong? Klik di bawah.