kumparan
23 Agustus 2019 16:48

Selain Hiu, Dugong hingga Penyu Pernah Terlihat di Perairan Nusa Dua

Foto udara Pantai Nusa Dua di Bali
Foto udara Pantai Nusa Dua di Bali. Foto: Shutter Stock
Pantai di perairan Nusa Dua, Bali, didatangi gerombolan hiu jenis blacktip reef shark atau hiu karang bintik hitam. Sontak pemandangan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Hiu itu muncul dan menjadi viral di jagat maya sejak Selasa (20/8). Kepala Balai Pengelolan Sumber Daya Pesisir Dan Laut (BPSL) Denpasar, Suko Wardono, mengatakan biasanya hiu itu muncul sedang mencari makan.
Selain hiu, kawasan perairan Nusa Dua ternyata kerap terlihat berbagai jenis hewan laut di antaranya penyu dan dugong.
“Selain hiu untuk daerah Nusa Dua, biasanya ada penyu dan dugong, hewan unik,” kata BPSPL Yudisthio Wahyudi di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Badung, Jumat (23/8).
Dia mengatakan, dugong yang merupakan hewan yang dilindungin sulit ditemukan karena sensitif dengan keberadaan lain. Biasanya ditemukan di padang lamun (rumput yang hidup di dasar laut).
“Biasanya habitatnya ada di padang lamun, cuma keberadaanya, dia sangat sensitif terhadap manusia dan binatang lain susah untuk ditemui. Kalau menurut informasi masyarakat dan nelayan memang pernah melihat,” kata dia.
ADVERTISEMENT
Tapi Yudis tak bisa memastikan jumlah dugong ini. Dia juga tak bisa memastikan habitatnya berada di kawasan pantai lain di Bali.
“Kalau ada lamun biasanya ada dugong, biasanya. Kalau di Nusa Dua ada dan di Bali Utara juga ada kemungkinan bisa individu yang berbeda,” ujar dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan