kumparan
15 April 2019 16:00

Selain Jokowi, Soeharto dan SBY Pernah Masuk ke Ka'bah

Presiden Jokowi menuruni anak tangga usai masuk ke dalam Kakbah. Foto: instagram @ jokowi
Saat menunaikan ibadah umrah, Presiden Joko Widodo mendapat kehormatan masuk ke dalam Ka'bah. Jokowi masuk bersama istrinya, Iriana, dan kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.
ADVERTISEMENT
Jokowi bukan Presiden Indonesia yang pertama masuk ke dalam bangunan yang menjadi kiblat umat Islam itu. Sebelumnya, Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah masuk ke dalam Ka'bah.
Video
Soeharto Presiden Indonesia Pertama yang Masuk Ka'bah
Soeharto masuk ke dalam Ka'bah pada 31 Oktober 1995. Peristiwa itu terjadi saat presiden yang menjabat selama 32 tahun itu sedang menunaikan ibadah umrah.
Diberitakan Antara, umrah yang dilakukan Soeharto berbarengan dengan kunjungan luar negerinya. Ibu negara Siti Hartinah alias Tien Soeharto juga ikut dalam rombongan itu.
Soeharto masuk ke Ka'bah setelah melakukan tawaf dan mencium hajar aswad. Hampir semua rombongan yang ikut dengan Soeharto kala itu juga masuk ke dalam Ka'bah. Termasuk Ibu Tien, anak-anak Soeharto, menteri, hingga wartawan yang meliput kunjungan luar negeri itu.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Kala Soeharto masuk ke Ka'bah pada 1995, disebutkan suasananya berdesak-desakan. Bahkan, beberapa warga Arab Saudi ikut menyelinap masuk ke bangunan itu. Keadaan dalam Ka'bah saat itu digambarkan berbeda dengan saat ini. Situasinya gelap.
Tidak dijelaskan kegiatan Soeharto selama berada di dalam Ka'bah. Kejadian yang berlangsung pada 01.30 waktu Arab Saudi itu, sempat membuat beberapa orang rombongan bercucuran air mata karena terharu. Sebab, tidak sembarang orang bisa mendapat kehormatan masuk ke dalam Ka'bah.
SBY Masuk ke Dalam Ka'bah Tahun 2005
Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah diundang masuk ke Ka'bah. Sama seperti Soeharto, SBY diajak masuk ke dalamnya saat melakukan kunjungan kenegaraan.
Peristiwa itu terjadi pada 27 April 2005. Kala itu SBY menunaikan umrah bersama istrinya Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono, kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Menantu SBY, Annisa Larasati Pohan, juga ikut bersama rombongan.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Sebelum menuju ke Masjidil Haram, SBY dan rombongan sempat bertemu dengan Raja Arab Saudi saat itu, Abdullah bin Abdul Aziz Al-Saud. Setelah pertemuan itu, SBY dan rombongan bertolak ke Makkah dengan pengawalan ketat.
Rombongan SBY tiba di Masjidil Haram pada malam hari, sekitar 21.02 waktu setempat. Pengawalan untuk SBY masih tampak saat berada di masjid. Sejumlah tentara Saudi membuat pagar betis untuk jalur tawaf SBY dan rombongan.
Selesai tawaf, SBY dan rombongan mendekat ke Ka'bah. Mereka kemudian dipersilakan masuk ke bangunan tersebut.
Video
SBY disebut berada di dalam Ka'bah selama 15 menit. Dia sempat menunaikan salat sunnah dua rakaat.
Selain Soeharto, SBY, dan Jokowi, seluruh presiden Indonesia sudah menunaikan haji atau umrah. Namun, tidak ada dokumentasi yang menyebut presiden Indonesia lainnya pernah masuk ke dalam Ka'bah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan