kumparan
5 Desember 2018 18:59

Seorang Napi di Lapas Lambaro Meninggal karena Diduga Stroke

6 Hari Paska Kericuhan, Seorang Napi di Lapas Aceh Meninggal Dunia
Lapas Aceh. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)
Seorang narapidana kelas II A Lambaro, Banda Aceh, Aceh Besar, meninggal dunia karena sakit. Kalapas Lambaro, Endang Lintang Hardiman, menyebut narapidana bernama M Isa bin Ismail (53) itu meninggal di kamar tahanannya, Rabu (5/12) sekitar pukul 16.00 WIB.
ADVERTISEMENT
"Ia meninggal karena sakit tadi sore di dalam kamar tahanannya," kata Endang saat dikonfirmasi, Rabu (5/12).
Endang menuturkan, Isa merupakan warga Desa Teungoh Lam Ujong, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, yang tengah menjalani hukuman selama 12 tahun penjara atas kasus perlindungan anak. Menurut Endang, Isa tidak termasuk dalam 113 warga binaan yang melarikan diri pada Kamis (29/11) lalu.
"Isa merupakan tahanan pindahan dari Rutan Jantho. Di Lapas Lambaro baru menjalani hukum selama dua bulan. Dia meninggal karena mengalami sakit stroke," jelasnya.
Lapas, Banda Aceh
Personel aparat kepolisian berjaga di luar lapas Lambaro, Banda Aceh. (Foto: Zuhri/kumparan)
Menurut Endang, pihaknya langsung mengecek kamar tahanan setelah mendapat kabar tentang meninggalnya napi tersebut. Saat itu, Isa sempat dibawa ke RSUD Zainal Abidin, Banda Aceh.
"Setelah mendapat kabar dia meninggal, dari kamar tahanannya langsung dibawa ke rumah umum. Proses selanjutnya, jenazah akan diantarkan ke keluarganya. Kita sudah kabarkan ke keluarga almarhum," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
M Isa meninggal tepat 6 hari pasca-kerusuhan yang terjadi di Lapas Lambaro akibat 113 napi yang berusaha kabur. Hingga saat ini, Polda Aceh telah menangkap kembali 35 napi yang kabur, sementara 78 lainnya sudah ditetapkan sebagai DPO.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan