News
·
25 Februari 2021 9:04

Serba-serbi Hiu Berwajah Manusia di Rote Ndao: Tak Dikonsumsi, Dijual Rp 25 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Serba-serbi Hiu Berwajah Manusia di Rote Ndao: Tak Dikonsumsi, Dijual Rp 25 Juta (484218)
Ikan hiu menyerupai wajah manusia yang ditemukan oleh nelayan Rote Ndao, Abdullah Ferro. Foto: Abdullah Ferro
Warga Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, dihebohkan dengan penemuan ikan hiu oleh nelayan bernama Abdullah Ferro. Ikan hiu yang ditemukan Abdullah tak biasa, sebab tubuhnya menyerupai wajah manusia.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Florespedia --partner 1001 media kumparan--, kabar penemuan ikan hiu yang bagian kepalanya memiliki wujud menyerupai wajah manusia ini, sontak menghebohkan warga Desa Papela dan sekitarnya.
Ikan hiu berwajah menyerupai manusia ini ditemukan dalam perut induknya saat ikan dibelah oleh Abdullah Ferro. Adapun induk ikan hiu ditemukan Abdullah di sekitar perairan Batupuluh dekat Pos Angkatan Laut Pepela Rote Timur, Sabtu (21/2) malam.
Saat itu induk ikan hiu terjaring oleh pukat dan keesokan harinya Abdullah Ferro membelah induk hiu dan menemukan 3 ekor anak ikan hiu. 2 ekor seperti induknya sedang yang 1 ekor menyerupai wajah manusia.
Serba-serbi Hiu Berwajah Manusia di Rote Ndao: Tak Dikonsumsi, Dijual Rp 25 Juta (484219)
Ikan hiu menyerupai wajah manusia yang ditemukan oleh nelayan Rote Ndao, Abdullah Ferro. Foto: Abdullah Ferro
Bukan Editan
Anak hiu yang Abdullah temukan memang berupa mirip wajah manusia. Sontak masyarakat penasaran dan mengerubungi kediaman Abdullah untuk melihatnya.
ADVERTISEMENT
Abdullah pun menegaskan, bahwa gambar yang viral beredar soal hiu yang ia temukan benar adanya. Ia menegaskan bahwa ikan itu benar ditemukan oleh dirinya dan bukan editan.
"Ini beneran, bukan editan," kata dia.
Apa Kata Peneliti?
Fenomena kehadiran ikan unik itu pun ditanggapi, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan UKAW Kupang, Alfred G.O. Kase.
Alfred yang juga menjabat Kepala Lembaga Penelitian-UKAW ini menduga ikan tersebut belum cukup umur untuk dilahirkan, karena ikan unik tersebut ditemukan di tubuh induknya. Apalagi, kondisi ikan lainnya yang ditemukan dalam tubuh induknya dalam kondisi normal.
"Anak ikan lainnya normal, hanya satu saja yang aneh. Dugaannya dia belum cukup umur, makanya cacat. Apalagi ditemukan setelah tubuh induknya dibelah. Seperti anak ayam atau binatang lainnya, jika belum cukup umur, biasanya berbeda dengan lainnya. Ini analisa saya, tapi perlu pembuktian pemeriksaan lagi," ujarnya, Selasa (23/2).
Serba-serbi Hiu Berwajah Manusia di Rote Ndao: Tak Dikonsumsi, Dijual Rp 25 Juta (484220)
Abdullah Ferro nelayan asal Rote Ndao yang temukan ikan hiu mirip wajah manusia. Foto: Abdullah Ferro
Ikan Hiu itu Tak Dikonsumsi
ADVERTISEMENT
Abdullah yang menemukan hiu tersebut dalam kondisi mati, menyatakan tak akan mengkonsumsinya. Hiu tersebut akan diawetkan dan ia simpan.
"Tidak buat makan. Ini masih (ada), buat diawetkan, disimpan," kata Abdullah.
"Itu baru lihat, baru pertama kali lihat, pernah (melaut) ke Australia, baru dapet kali ini," paparnya.
Akan Dijual Rp 25 Juta
Tak akan dikonsumsi, tetapi Abdullah berencana untuk menjual ikan tersebut. Ia mematok harga Rp 25 juta bagi siapa pun yang tertarik.
“Mungkin Rp 25 (juta), ya cari uang toh,” ujar Abdullah.
Ia menjual ikan hiu tersebut dalam kondisi mati. Kini hewan tersebut telah diawetkan menggunakan formalin dan alkohol. Anda berminat?