PTR- Foto Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah
5 Mei 2021 20:48

Setelah Hajar Aswad, Arab Saudi Rilis Foto Jelas Maqam Ibrahim

Setelah Hajar Aswad, Arab Saudi Rilis Foto Jelas Maqam Ibrahim (29692)
Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah. Foto: Dok. Istimewa
Setelah merilis foto jelas Hajar Aswad untuk pertama kalinya, Arab Saudi kembali meluncurkan foto yang jelas dan mendetail dari Maqam Ibrahim.
ADVERTISEMENT
Maqam Ibrahim bukanlah makam Nabi Ibrahim seperti yang dipercaya sebagian muslimin, melainkan batu pijakan Nabi Ibrahim saat membangun Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah. Dari sudut bahasa, maqam memiliki arti "tempat pijakan."
Foto jelas Maqam Ibrahim ini adalah foto eksklusif yang belum pernah dilihat sebelumnya.
Mengutip Al-Arabiya, Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi (GPH) menyatakan, foto-foto dengan detail yang berkualitas tinggi itu dipotret dengan menggunakan teknik baru yang menggunakan stacked panoramic focus, atau fokus panorama bertumpuk.
Teknik yang sama diterapkan dalam menangkap wujud Hajar Aswad.
Teknik itu berupa penggabungan foto-foto dengan kejernihan berbeda untuk menghasilkan satu foto dengan tingkat akurasi dan kualitas tinggi.
Setelah Hajar Aswad, Arab Saudi Rilis Foto Jelas Maqam Ibrahim (29693)
Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah. Foto: Dok. Istimewa
Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah, merupakan batu tempat pijakan Nabi Ibrahim a.s. ketika membangun Ka’bah bersama anaknya, Nabi Ismail a.s.
ADVERTISEMENT
Batu tersebut menjadi pijakan Nabi Ibrahim ketika tembok Ka'bah yang dibangunnya itu semakin meninggi.
Saat itu, batu pijakan itu menempel pada dinding Ka'bah, tapi di era Umar bin Khattab dipindahkan beberapa meter.
Maqam Ibrahim merupakan lokasi tempat para jemaah haji dan umrah melaksanakan salat, sesuai dengan perintah Allah SWT di surah Al-Baqarah Ayat 125, yang berbunyi:
وَاِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَاَمْنًاۗ وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرٰهٖمَ مُصَلًّىۗ وَعَهِدْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ اَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّاۤىِٕفِيْنَ وَالْعٰكِفِيْنَ وَالرُّكَّعِ السُّجُوْدِ

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (Ka’bah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqam Ibrahim itu tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iktikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud!”

Setelah Hajar Aswad, Arab Saudi Rilis Foto Jelas Maqam Ibrahim (29694)
Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah. Foto: Dok. Istimewa
Maqam Ibrahim berukuran sekitar 50 cm dan dilindungi dengan emas, perak, dan bingkai kaca untuk menjaga dan melestarikan jejak kaki Nabi Ibrahim.
ADVERTISEMENT
Batu yang berlokasi di depan Ka’bah ini dipercaya diturunkan langsung dari surga, bersamaan dengan diturunkannya Hajar Aswad.
Setelah Hajar Aswad, Arab Saudi Rilis Foto Jelas Maqam Ibrahim (29695)
Jemaah umrah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Latar belakangnya adalah Ka'bah dan Maqam Ibrahim yang dilindungi wadah seperti sangkar. Foto: Saudi Press Agency /via REUTERS
Dalam salah satu hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda,"Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim adalah dua batu yang datangnya dari surga, seandainya Allah tidak menghilangkan cahaya (dari) keduanya, niscaya ia akan menerangi Timur dan Barat secara keseluruhan."
Keutamaan Maqam Ibrahim antara lain dijadikan tempat menunaikan salat sebagaimana SQ Al Baqarah: 125.
Umat Islam yang berziarah di Masjidil Haram berupaya untuk bisa menunaikan salat sunah di belakang Maqam Ibrahim sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.