Politik10 April 2018 13:09

Soal Sembako, PDIP Sebut Jokowi Serupa Umar bin Khattab Panggul Gandum

Konten Redaksi kumparan
Soal Sembako, PDIP Sebut Jokowi Serupa Umar bin Khattab Panggul Gandum (147516)
Jokowi bagikan kartu PKH dan KIP di Dharmasraya. (Foto: Dok.Intan - Biro Pers Setpres)
Kebiasaan Presiden Joko Widodo membagikan sembako dan bantuan lain saat blusukan menemui warga, menuai perbincangan seolah-olah baru belakangan ini digelar, lalu dikaitkan dengan tahun politik.
ADVERTISEMENT
Salah satunya ramai karena dicuitkan oleh polikus Partai Demokrat, Andi Arief, melalui akun Twitternya yang punya 56 ribu pengikut. Andi memposting video Jokowi diwakili Paspampres membagikan bantuan dengan istilah 'sogokan'.
Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari heran dengan pihak-pihak yang mempermasalahkan upaya Jokowi membantu warga. Padahal, Jokowi melakukan itu sejak awal pemerintahan tahun 2014.
"Sejak awal pemerintahan Pak Jokowi sudah bagi-bagi bingkisan: Tas sekolah, buku-buku, sembako, kaus, sepeda yang erdogan dan satu presiden di Eropa Timur ikut-ikut. Kenapa sekarang disoal?" ucap Eva kepada wartawan, Selasa (10/4).
Soal Sembako, PDIP Sebut Jokowi Serupa Umar bin Khattab Panggul Gandum (147517)
Jokowi bagi sembako dan sarung di Surakarta (Foto: Dok. Biro Setpres)
Termasuk menurutnya pembagian sertifikat yang memang merupakan program Jokowi dalam Nawa Cita. Seolah-olah Jokowi gencar memberikan bantuan kepada masyarakat untuk kepentingan politik.
"Tahun politik ini bikin baper ya? Semua untuk rakyat miskin kenapa disoal?" kata Eva.
ADVERTISEMENT
Bagi Eva, Jokowi bahkan serupa dengan sosok khalifah kedua umat Islam, Umar bin Khattab, yang salah satu riwayat paling terkenalnya adalah saat Umar sebagai pemimpin Islam, membawa gandum untuk rakyat miskin.
Soal Sembako, PDIP Sebut Jokowi Serupa Umar bin Khattab Panggul Gandum (147518)
Jokowi bagi sembako di Kali Anyar, Tambora. (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)
"Umar bin Khatab juga manggul goni untuk bagi-bagi gandum ke rakyat miskin kan?" terang Eva.
Bendahara Fraksi PDIP di DPR, Alex Indra Lukman, menyebut aksi bagi-bagi sembako Jokowi bukan bagian dari kampanye Pemilu Presiden 2019.
"Kalau bagi-baginya nanti saat kampanye barulah dipersoalkan karena harus ditelusuri asal usul dan nilai bantuan sesuai peraturan KPU," ujar Alex Indra kepada kumparan (kumparan.com), Selasa (10/4).
"Justru kalau ada yang mempermasalahkan bakal dimusuhi rakyat yang menerima bantuan karena itu hak penerima bantuan dan sesuai dengan aturan," imbuh dia.
Soal Sembako, PDIP Sebut Jokowi Serupa Umar bin Khattab Panggul Gandum (147519)
Jokowi Serahkan Hewan Kurban & Sembako (Foto: Dok. Biro Setpres)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white