News
·
26 Juli 2020 17:58

Staf Konsulat AS di Chengdu, China, Kemasi Barang-barang Jelang Penutupan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Staf Konsulat AS di Chengdu, China, Kemasi Barang-barang Jelang Penutupan (78869)
Sejumlah polisi paramiliter China berbaris berjaga di luar Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, China. Foto: Thomas Peter/REUTERS
Sejumlah staf konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu, China mulai mengosongkan kantor konsulat pada Minggu (26/7) jelang penutupan kantor tersebut pada Senin (27/7) besok.
ADVERTISEMENT
Kantor konsulat AS dijaga ketat oleh polisi, pihak kepolisian juga menutup akses jalan masuk menuju kantor konsulat, kecuali untuk kendaraan konsuler.
Penutupan konsulat AS itu merupakan aksi balasan yang dilakukan China setelah AS meminta China untuk menutup Konsulat di Houston.
Mengutip Reuters, sejumlah warga terlihat berdiri di sekitar trotoar kantor konsulat untuk sekedar mengambil foto di sekitar area, namun tidak lama kemudian warga dibubarkan oleh polisi.
Sejak Sabtu (25/7) para staf mengemasi barang-barang, dan sejumlah truk pengangkut barang terlihat keluar masuk kantor konsulat.
Staf Konsulat AS di Chengdu, China, Kemasi Barang-barang Jelang Penutupan (78870)
Seorang anak memegang bendera China berdiri di seberang jalan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, China. Foto: Thomas Peter/REUTERS
China meminta AS menutup kantor konsulat di Chengdu pada Jumat (24/7), AS diberi waktu 72 jam untuk melakukan penutupan, atau hingga Senin pukul 10 pagi.
ADVERTISEMENT
Perintah untuk menutup kantor konsulat di Chengdu, tidak lama setelah pemerintah Trump meminta China menutup kantor konsulatnya di Houston, China diberi batas waktu 72 jam atau sampai Jumat pukul 4 sore.
Sementara pada hari Jumat di Houston, AS, sekelompok pria yang didampingi oleh seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS terlihat memaksa membuka pintu di konsulat China. Namun belum ada keterangan resmi perihal apa yang mereka lakukan.
Selain di Chengdu dan Wuhan, AS juga memiliki konsulat di Guangzhou, Shanghai, Shenyang.
Staf Konsulat AS di Chengdu, China, Kemasi Barang-barang Jelang Penutupan (78871)
Sejumlah polisi berpatroli di luar Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, China. Foto: Thomas Peter/REUTERS
Penutupan konsulat di Houston dan Chengdu telah membuat hubungan kedua negara tersebut semakin memburuk. Sebelumnya awal tahun lalu hubungan AS-China sempat memburuk karena pandemi virus corona dan masalah telekomunikasi Huawei, hingga klaim teritorial China di Laut Cina Selatan.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)