kumparan
search-gray
News5 November 2019 20:42

Sudah 4 Dubes Temui Prabowo Sejak Jadi Menhan: Rusia hingga China

Konten Redaksi kumparan
Sudah 4 Dubes Temui Prabowo Sejak Jadi Menhan: Rusia hingga China (104104)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat terbatas tentang program dan kegiatan bidang politik, hukum dan keamanan di Kantor Presiden. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan dari sejumlah duta besar negara sahabat di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat, sejak dilantik Oktober lalu. Kunjungan ini merupakan kunjungan kehormatan atau courtesy call. Selain itu, kunjungan dubes ke Kemhan juga sempat membicarakan alutsista.
ADVERTISEMENT
Beberapa dubes yang berkunjung ke Kemhan yakni Dubes Korsel Kim Changbeon yang di dampingi Atase Pertahanan Capt (Navy) Jung Yeonsu dan First Secretary Ma Sungmin, lalu Dubes Rusia Lyudmila Georgieva Vorobieva dan Dubes Jordania Abullah Sulimam Abu Rohman.
"Pada intinya courtesy call dan dubes Korea juga minta courtesy call juga sama saya gitu ya," kata Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono di Kantor Kemhan, Selasa (5/11).
Sudah 4 Dubes Temui Prabowo Sejak Jadi Menhan: Rusia hingga China (104105)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Terkait pertemuan dengan Dubes Korsel, sempat disinggung mengenai rencana pengadaan pesawat KFX/IFX yang sempat tertunda. Trenggono mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mengkaji pengadaan pesawat itu.
"Khusus KFX/IFX sedang dialami, dipelajari sebetulnya manfaatnya dapatnya apa juga? Itu kan penting karena itu teknologi tinggi pesawat tempur enggak sembarangan. Nah di level mana nanti kita dan kemudian kita punya sampai kemampuan seperti apa," ucap Trenggono.
Sudah 4 Dubes Temui Prabowo Sejak Jadi Menhan: Rusia hingga China (104106)
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima Duta Besar RRT H. E. Mr. Xiao Qian, Selasa (29/10). Foto: Twitter/@Kemhan_RI
Selain itu, faktor biaya juga menjadi kendala. Sebab harga pesawat KFX/IFX disebut mencapai 2 miliar USD. Di sisi lain Presiden Jokowi juga telah menekankan mengurangi impor dalam pengadaan alutsista.
ADVERTISEMENT
"Karena nilainya mahal sampai 2 miliar dollar. Jadi belum bisa jawab kelanjutannya karena masih perlu kajian," tutup Trenggono.
Sudah 4 Dubes Temui Prabowo Sejak Jadi Menhan: Rusia hingga China (104107)
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima Duta Besar RRT H. E. Mr. Xiao Qian, Selasa (29/10). Foto: Twitter/@Kemhan_RI
Sebelumnya, Prabowo sudah menerima kunjungan Dubes China, Xiao Qian pada 29 Oktober 2019. Artinya, sudah empat duta besar yang berkunjung ke Kemhan sejak Prabowo menjabat Menteri Pertahanan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white