kumparan
8 Juli 2018 19:33

Sudirman Said: Pemimpin Nasional Harus Berwawasan Masa Depan

Sudirman Said temu relawan pemenangan di Kabupaten Banyumas (Foto: Istimewa)
Calon gubernur Jawa Tengah nomor urut dua Sudirman Said menemui para relawan yang telah berjasa dalam proses pemenangan di Pilgub Jateng lalu. Hal itu dia lakukan demi menjaga konstituen dan suara yang berhasil ia raih sebesar 43 persen berdasarkan hasil quick count.
ADVERTISEMENT
Sudirman kali ini berkunjung ke Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dalam sambutan temu relawan itu, Sudirman mengucapkan terima kasih kepada warga Jawa Tengah, relawan, dan partai-partai pendukung.
“Kami sudah lakukan di Kabupaten Brebes, Kota Tegal, dan Kabupaten Tegal. Malam ini di Kebumen (temui relawan),” kata Sudirman di lokasi, Minggu (8/7).
Dalam kesempatan itu, Sudirman juga berbicara mengenai keprihatinannya terhadap kondisi bangsa saat ini. Ia menilai, pemimpin Indonesia saat ini tidak berbekal pengetahuan yang dalam mengenai konsep dan prinsip bernegara.
“Kepemimpinan nasional perlu memenuhi tiga aspek, pertama adalah wawasan sejarah, wawasan horizontal, dan wawasan masa depan,” ujar pria yang akrab disapa Pak Dirman itu.
Sudirman Said temu relawan pemenangan di Slawi (Foto: Istimewa)
Menurutnya, ketidakmampuan pemerintah mengelola ikatan sesama kelompok masyarakat saat ini akibat tidak adanya ketiga faktor wawasan tersebut.
ADVERTISEMENT
“Kita bisa lihat, konflik antarkelompok, antarumat amat sangat laten pada pemerintahan kali ini. Umat dengan umat lainnya diadu. Kita perlu pergantian pemimpin nasional,” tegasnya.
“Indonesia memerlukan pemimpin baru, yang mampu mengelola kemajemukan, dan mampu membawa Indonesia berdiri sejajar, berwibawa di mata bangsa-bangsa lain di dunia,” tambah Sudirman.
Sudirman Said temu relawan pemenangan di Slawi (Foto: Istimewa)
Maka dari itu, Sudirman berharap, partai politik yang mengusungnya di Pilgub Jateng yaitu Gerindra, PKS, PKB dan PAN bisa bersatu dan berkoalisi pada level nasional menghadapi pemilu 2019.
“Raihan angka 40 persen (Pilgub Jateng) ini adalah prestasi. Ini disampaikan langsung oleh Pak Prabowo. Saya juga sampaikan kepada Cak Imin, akan lebih baik ke depan kalau PKB terus bersama kita untuk memperjuangan kemenangan siapapun capres yang akan diusung partai koalisi yang mengusung saya,” tutupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan