News
·
22 September 2020 13:34

Sultan HB X Tinjau Shelter OTG: Setelah dari Sini Negatif

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sultan HB X Tinjau Shelter OTG: Setelah dari Sini Negatif (12730)
Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau Rusunawa Bener yang dijadikan shelter bagi OTG. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) meninjau Rusunawa Bener di Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Rusunawa tersebut saat ini telah dijadikan shelter bagi pasien corona dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).
ADVERTISEMENT
Ngarso Dalem menjelaskan kehadiran shelter dari Pemerintah Kota Yogyakarta ini bisa menjadi solusi bagi OTG yang tidak bisa karantina mandiri di rumah.
"Ya kalau harapan saya ya bagaimana shelter ini bisa memberikan salah satu pilihan bagi mereka yang punya kekhawatiran OTG dan bagaimana mereka bisa ditangani dengan baik," kata Sultan usai meninjau, Selasa (22/9).
Sultan HB X Tinjau Shelter OTG: Setelah dari Sini Negatif (12731)
Rusunawa Bener yang dijadikan shelter bagi OTG. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
"Harapan saya cukup dia (pasien) setelah dari sini negatif, gitu," katanya.
Lanjutnya dengan penanganan yang baik pasien positif corona ini memiliki kecenderungan sembuh yang semakin tinggi.
"Harapan kita semua sama, bagaimana kita untuk bisa tetap sehat," katanya.
Sultan HB X Tinjau Shelter OTG: Setelah dari Sini Negatif (12732)
Rusunawa Bener yang dijadikan shelter bagi OTG. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjelaskan operasional shelter ini akan dimulai sore nanti. Dari puluhan pasien OTG di Yogyakarta, ada 19 yang nanti akan mulai tinggal di rusun tersebut.
ADVERTISEMENT
"Yang masuk tahap list 19. Dijemput mekanismenya. Mulai hari ini sore nanti," kata Haryadi.
Sebelumnya, pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan Rusunawa Bener di Kecamatan Tegalrejo sebagai shelter karantina pasien corona tanpa gejala atau OTG. Rencananya, mulai pekan depan shelter dengan kapasitas 84 orang itu sudah bisa beroperasi.
Sultan HB X Tinjau Shelter OTG: Setelah dari Sini Negatif (12733)
Rusunawa Bener yang dijadikan shelter bagi OTG. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Haryadi menjelaskan total ada 42 unit kamar yang difungsikan dengan satu unitnya bisa menampung dua orang. Shelter ini difungsikan bagi OTG yang tidak bisa karantina mandiri di rumah, seperti keterbatasan ruang dan lain sebagainya.
"Di sini kan 42 unit. Kalau masing unit di isi dua orang menjadi 84. Kami akan susun protokol siapa saja (OTG) yang ada di sini. Tidak semua rumah (warga) memiliki sekat-sekat kamar untuk isolasi," katanya.
ADVERTISEMENT