kumparan
8 Oktober 2019 12:55

Tablig Akbar UAS di Kudus Dibatalkan Agar Kondusif

Poster UAS Tablig Akbar di Kudus. Foto: Dok. Istimewa
Ustaz Abdul Somad (UAS) rencananya akan mengisi dan memimpin Tablig Akbar yang bertajuk 'Urip Iku Urup' di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (Ponpes-ABK) Al Achsaniyyah, Kudus Jawa Tengah, Selasa (8/10) pukul 18.00 WIB
ADVERTISEMENT
Namun, agenda ini ternyata dibatalkan. Pembatalan dilakukan oleh pihak Ponpes. Hal itu, dikonfirmasi oleh pimpinan Ponpes Al Achsaniyyah, KH Mohammad Faiq Afthonu.
"Ya (dibatalkan) hanya demi kemaslahatan umat saja," katanya melalui pesan singkat kepada kumparan.
Saat disinggung pembatalan Tablig Akbar karena keinginan dari kelompok tertentu, Faiq mengaku tidak ada. Dia tak ingin pembatalan ini dikaitkan-kaitkan dengan alasan tertentu.
"Ini dari pihak Ponpes yang membatalkan. Karena demi kemaslahatan umat. Guyub rukun gemah ripah loh jinawi," ujarnya.
Meski acara Tablig Akbar dibatalkan, kata Faiq, Abdul Somad akan tetap hadir berkunjung ke Ponpesnya.
Surat pemberitahuan UAS batal Tablig Akbar di Kudus. Foto: Dok. Istimewa
"Tidak ada masalah, bahkan beliau tetap hadir kunjungan ke Pesantren," kata Faiq.
Dia mengungkapkan, kunjungan tersebut tetap dilakukan UAS sebagai wujud empati terhadap santri-santri ABK di Ponpesnya itu.
ADVERTISEMENT
"Tujuan awal UAS hadir di Ponpes karena kepeduliannya dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Serta untuk peletakan batu pertama pembangunan gedung ketrampilan," ungkapnya.
Spanduk UAS Tablig Akbar di Kudus. Foto: Dok. Istimewa
Sementara itu, menurut Faiq, UAS saat ini masih dalam pengkondisian untuk datang berkunjung ke Ponpes Al Achsaniyyah, Kudus.
Sementara, dari pihak kepolisian, Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan pihaknya telah menerima surat pembatalan acara. Namun, Saptono tak mendetailkan alasan pembatalan.
"Sudah diberikan surat untuk pembatalan acara, sudah dikomunikasikan dengan panitia," katanya.
Ustad Abdul Somad (UAS) memberikan tausyiah pada tabliq akbar di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (19/8/2018). Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan