kumparan
14 Juli 2019 21:11

Tak Ada Korban Jiwa Akibat Ambruknya Crane di Tanjung Mas Semarang

Ilustrasi pelabuhan, ekspor impor, Tanjung priok, Pelindo II
Ilustrasi crane Foto: Wendiyanto Saputro/kumparan
Direktur Pol Air Polda Jawa Tengah Kombes Risnanto saat ini berada di lokasi untuk mengecek tempat kejadian kapal peti kemas yang menabrak dermaga Terminal Peti Kemas (TPKS) Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Minggu (14/7).
ADVERTISEMENT
Pada insiden ini, kapal tersebut juga menabrak crane yang ada di dermaga hingga roboh menimpa sejumlah truk yang ada di lokasi.
Dari informasi yang dia terima, Risnanto mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
"Tidak ada korban jiwa," kata Ristanto sembari masuk ke kawasan TPKS.
Risnanto mengatakan, pihaknya datang untuk memastikan proses merapatnya kapal kontainer MV Soul of Luck. Menurutnya, jika kapal merapatnya tidak dipandu, maka akan ditangani kepolisian. Namun jika ternyata dipandu, maka jadi wewenang Kesyahbandaran.
"Kalau dia masuknya tidak dipandu kapal kepanduan, itu masuk wewenang Dit Polair. Tapi kalau dipandu dan tidak ada korban jiwa maka wewenang Kesyahbandaran," jelasnya.
Dari informasi yang diperoleh di Pelabuhan Tanjung Emas, peristiwa terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Video peristiwa itu menyebar via media sosial yang memperlihatkan ujung kapal menabrak crane yang langsung rubuh.
ADVERTISEMENT
Sejumlah media berusaha mengambil gambar lokasi namun belum diperbolehkan. Terlihat juga sejumlah truk kontainer mengantre.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan