Tebar Garam 'Santet' Picu Dendam Kesumat Pria di Malang hingga Bunuh Tetangga

19 Oktober 2023 15:58 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi garam kosher. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi garam kosher. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Samidi (55) membunuh Kusairi (60), tetangga depan rumahnya di Jalan Kramat, Desa Ganjaran, Kelurahan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (18/10) karena dendam kesumat. Samidi meyakini Kusairi telah menyantet istrinya.
ADVERTISEMENT
Istri Samidi sakit mendadak dan akhirnya meninggal dunia 8 tahun lalu.
Kepala Desa Ganjaran, Ali Shodikin, mengatakan Samidi dendam kepada Kusairi sejak kematian istrinya itu. Dendam itu dipicu oleh ulah korban yang menabur garam di rumah Samidi.
"Korban ini nyawur uyah (menebar garam) di depan rumahnya, sampai belakang rumahnya pelaku, katanya pelaku. Kata si pelaku istrinya langsung sakit, cuma mau berpindah waktu itu oleh almarhum istri pelaku nggak diperbolehkan, karena nggak enak bertetangga," kata Ali kepada wartawan, Kamis (19/10).
Setelah istri Samidi meninggal, Samidi menikah lagi dengan perempuan lain. Namun, pelaku masih menyimpan dendam kesumat terhadap Kusairi yang diyakini menyantet istrinya.
"Sampai istrinya meninggal, rasa sakit hati dendamnya masih membara. Pelaku sudah menikah lagi dengan istri barunya dengan niatan ingin melupakan itu, tapi katanya tidak bisa. Pengakuan pelaku seperti itu tadi malam," kata Ali.
ADVERTISEMENT
Setelah membunuh Kusairi, Samidi mendatangi rumah Ali untuk menyerahkan diri.